Categories: MotoGP

Kepala kru Marc Marquez: Hasil Bukanlah Prioritas

RiderTua.com – Kepala kru Marc Marquez, Santi Hernandez yakin pembalapnya itu akan mampu menjalani balapan 23 lap di MotorLand Aragon. Seperti yang diketahui, kembalinya pembalap pabrikan Repsol Honda itu di GP Aragon akan sedikit menggoyang pertarungan perebutan gelar antara Fabio Quartararo, Aleix Espargaro dan Pecco Bagnaia.

Santi Hernandez: Hasil Bukanlah Prioritas

Mengenai kondisi Marc Marquez, Santi Hernandez mengatakan, “Tes Misano selama 2 hari pekan lalu, penting untuk Marc agar dia bisa memahami situasi yang dia alami setelah istirahat panjang. Tes berjalan dengan sangat baik. Karena dia mampu melahap beberapa lap di hari pertama, dan dia melahap lebih banyak lap di hari kedua. Marc merasa baik. Tapi kami tidak membayangkan bahwa kami akan melihat Marc yang lama di sini. Baginya, balapan ini adalah latihan.”

“Dia mengambil kesempatan ini untuk memeriksa performanya dalam kondisi balapan di Aragon. Sebuah tes jauh lebih nyaman. Kita melahap beberapa lap dan kemudian berhenti lagi, istirahat dan bersantai. Kita bisa keluar kapan saja mulai dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Di balapan kita memiliki empat sesi latihan bebas, di mana kita harus memilih ban dan mengatur motor. Kita harus mencoba untuk lolos ke Q2. Ada banyak yang harus dilakukan,” imbuh Hernandez.

Santi melanjutkan, “Tetapi kami tidak boleh menunjukkan mentalitas yang berbeda di sini ketimbang selama tes. Jika Marc merasa baik dan dapat melakukan balapan dengan baik, itu diterima tetapi itu tidak diutamakan. Saya tidak berpikir tentang apa yang dapat dicapai Marc di balapan ini. Tentu saja dia bisa membalap, jika tidak, dia tidak akan berada di sini.”

Santi Hernandez menambahkan, “Pada tes Misano, Marc ingin mengetahui apakah dia siap untuk Aragon. Sekarang kita akan melihat apa yang dia mampu akhir pekan ini. Marc adalah yakin bahwa dia bisa menyelesaikan balapan, kalau tidak dia tidak akan berkompetisi di sini. Saya terkejut melihat seberapa baik Marc menemukan jalannya di sekitar Misano. Dia terus mengejutkan saya setiap hari,” lanjutnya.

“Karena setelah empat kali operasi lengan atas, kekuatannya masih kurang. Tapi saat membalap dan duduk di atas motor, kita bisa melihat bahwa pasca operasi terakhir dia bisa duduk di atas motor lagi seperti dulu. Sulit dipercaya apa yang telah dia lalui dalam 2 tahun terakhir, dan betapa kuat tekadnya sekarang untuk menyelesaikan tugas. Marc hanya sebagai penonton di GP Misano, tapi dia ingin tahu persis bagaimana motor Stefan Bradl dipasang dan apa yang diubah. Dia kompetitif dalam tes dan sekarang dia datang ke sini untuk melakukan yang terbaik.”

Setelah beberapa kali melakukan comeback yang terburu-buru, kini tim Repsol malah menyuruh Marc untuk beristirahat sampai dia merasa baik. Namun Santi Hernandez tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas comebacknya Marc Marquez. Dia penuh semangat dan menantikan FP1 hari Jumat.

Santi Hernandez menlanjutkan, “Pertama saya harus mengatakan bahwa Marc percaya diri dalam balapan. Tapi kita harus menunggu latihan dulu. Saya tidak ragu bahwa dia akan mengikuti balapan. Tapi mungkin setelah menempuh jarak balapan dia akan cukup kelelahan. Kami mencoba menenangkannya. Pendekatannya di sini akan berbeda dari sebelumnya. Marc cerdas, dia tahu dari mana dia berasal dan apa yang telah dia lalui. Karena itu, dia tidak akan terbawa untuk melakukan tindakan gila.”

“Marc tahu apa yang harus dia lakukan. Dia tidak perlu membuktikan apa pun di sini. Dia akan mengikuti dan akan berusaha untuk mendapatkan feeling membalap yang benar lagi. Saya tidak peduli dengan hasil di sini. Hasil bukanlah prioritas. Jika mereka baik, kami senang. Tetapi jika mereka gagal memenuhi ekspektasi, ini tidak akan mengecewakan kami. Penting bagi Marc untuk mempersiapkan musim mendatang, dan kami di Honda bisa melupakan fase sulit ini,” pungkas insinyur asal Spanyol itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Kelemahan Motor RS-GP24? Ini Kata Direktur Teknik Aprilia

RiderTua.com - Direktur Teknik Aprilia, Romano Albesiano, menjelaskan apa yang kurang dari RS-GP dan anak buahnya untuk membidik gelar juara…

3 Mei 2024

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

RiderTua.com - Meskipun Ducati mendominasi MotoGP di awal musim 2024, Maverick Vinales dan Aprilia mampu bersaing dengan hasil yang sangat mengesankan.…

3 Mei 2024

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024