Categories: MotoGP

Raul Fernandez Senang Bisa Lepas dari Kontrak KTM: Saya Penasaran dengan Aprilia!

RiderTua.com – Bersama Miguel Oliveira, Raul Fernandez akan membentuk tim di Aprilia RNF milik Razlan Razali. BTW, dalam 2 tahun terakhir Raul berhasil menyedot perhatian. Rider berusia 21 tahun itu memenangkan dua balapan Moto3 pertamanya pada November 2020 dengan tim Red Bull KTM Ajo di Valencia dan di balapan final di Portimao. Kemudian bertentangan dengan rencana awal, dia langsung dipromosikan ke kelas Moto2 untuk tahun 2021 hanya setahun sesudahnya. Peringkat 4 dalam klasemen Moto3 2020 itu kemudian bertarung dengan menjanjikan melawan Remy Gardner untuk memperebutkan gelar dunia Moto2. Fakta bahwa KTM melepaskannya dari kontraknya untuk tahun 2023 di Spielberg telah membuat Raul lebih riang, itu jelas membantu Raul tampil lumayan bagus di GP Misano kemarin..

Raul Fernandez: Saya Penasaran dengan Aprilia

Bahkan sebelum liburan musim panas, bocor sebuah informasi bahwa tim Petronas Yamaha ingin merekrutnya untuk MotoGP. Namun, KTM telah menggunakan opsi itu padanya dan menuntut 500.000 euro (RP 7,5 miliar) untuk melepas kontraknya. Petronas bersedia membayar jumlah itu, tetapi di GP Spielberg pada bulan Agustus, Petronas mengumumkan mundur sebagai sponsor utama. Selain itu, Yamaha melarang negosiasi lebih lanjut karena pihak Jepang tidak ingin menghasut pembalap untuk melanggar kontrak.

Pada saat yang sama, KTM membuka jalan bagi Juara Dunia Moto2 Remy Gardner (5 kemenangan musim 2021) dan runner-up Raul Fernandez (8 kemenangan) untuk bergabung dengan tim KTM Tech3 MotoGP karena tidak memperbarui kontrak dengan Danilo Petrucci dan Iker Lecuona.

Gardner dan Raul kemudian diizinkan untuk menguji KTM RC16 selama 1 hari di Misano pada 22 September. Euforia sangat besar setelah merengkuh kesuksesan di Moto2, seperti ekspektasi di semua sisi.

Luar biasa, Raul Fernandez telah membuat lompatan dari Moto3 ke MotoGP hanya dalam waktu 10 bulan.

Manajemen dan ayahnya Carlos membuat tuntutan berat pada KTM. Antara lain, menuntut 1 tempat di Moto3 untuk adiknya Adrian Fernanedz. Awalnya, Direktur motorsport KTM Pit Beirer ingin Adrian hanya ambil bagian pada 7 balapan pertama ke Mugello dengan tim BOE, kemudian David Munoz akan membalap di sana setelah ulang tahunnya yang ke-16. Tapi kompromi ini tidak diterima, jadi KTM mengirim pembalap muda berbakat asal Spanyol itu ke tim Red Bull KTM Tech3 Moto3. Adrian kini menjalani musim penuh keduanya, dan setelah 14 balapan dia hanya di peringkat 20 dalam klasemen dengan 29 poin.

Setelah negosiasi panjang ini, Raul Fernandez menandatangani kontrak yang disesuaikan, karena kontrak lama untuk 2022 adalah tentang kelas Moto2. Ada kenaikan gaji dan lagi-lagi ada opsi sepihak dari pihak KTM.

Setelah awal musim yang mengecewakan, ada perbedaan pendapat antara manajemen Raul Fernandez dan KTM dan memperbarui kontak dengan tim RNF Razlan Razali dan bos balap Aprilia Massimo Rivola yang sedang mencari bakat muda untuk tim satelit barunya.

KTM mengalah pada pembalap asal Spanyol itu di GP Austria. Menurut kontrak, jika Raul hengkang dari KTM dia harus membayar 800.000 euro (Rp 12 miliar). Stefan Pierer, Hubert Trunkenpolz dan Pit Beirer mengurangi jumlah nominal tersebut menjadi hanya 100.000 euro (Rp 1,5 miliar).

“Saya sangat bersyukur Massimo dan Razlan memberi saya kesempatan untuk terus membalap di MotoGP,” kata Raul yang meraih hasil terbaiknya musim ini di Misano dengan finis di posisi ke-13 dan kini telah mengumpulkan 8 poin.

“Musim ini cukup sulit bagi saya. Untuk berbagai alasan kami tidak mencapai hasil yang diinginkan. Sekarang kami bekerja sama untuk mencapai hasil terbaik di sisa balapan. Saya ingin menyelesaikan tahun ini di level maksimal dan melakukannya yang terbaik seperti biasa. Sampai final,” tegas rider berusia 21 tahun itu.

“Tugas baru di Aprilia sangat menarik bagi saya. Fakta bahwa Miguel Oliveira akan memiliki materi yang sama dengan saya lagi tahun depan, membuat saya penasaran. Kemudian kami akan bekerja sama dalam proyek yang sama seperti Maverick dan Aleix. Saya sangat senang bahwa kepindahan ke tim Razlan telah berhasil. Ini akan menjadi menarik,” lanjut Raul.

Oliveira dan Raul Fernandez akan mengendarai mesin RS-GP22 tahun ini di tim WithU-RNF. “Saya belum berbicara dengan Aleix dan Maverick tentang motor mereka, untuk saat ini saya 100 persen fokus pada pekerjaan saya di Tech3-KTM,” tegas pemenang 10 balapan dengan KTM dan Juara Dunia Junior 2018 itu.

Misano: Penampilan Terbaik Raul di MotoGP

Pemilik tim Tech3 Herve Poncharal senang dengan penampilan Raul setelah GP Misano. “Raul melakoni balapan dengan konsisten dan tanpa cacat. Di paruh kedua balapan, dia mencatatkan waktu putaran yang sama dengan Miguel Oliveira. Sejauh ini, ini adalah balapan terbaik Raul di MotoGP. Dia dalam kondisi baik. Fakta bahwa KTM melepaskannya dari kontraknya untuk tahun 2023 di Spielberg telah membuat Raul lebih riang, itu jelas membantu Raul,” ujar bos tim asal Prancis itu.

“Masih tersisa enam balapan lagi di depan kami. Saya harap kami bisa lebih dekat dengan tim-tim top. Jika saya melihat Maverick, dia cukup cepat terbiasa dengan Aprilia. Dia dengan cepat mengembangkan feeling yang baik dengan motor dan mencapai hasil yang kuat. Dia mengalami tahun yang luar biasa dan berhasil bertransisi dengan sangat baik,” pungkas Raul Fernandez.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024

Valentino Rossi : Jika Terlihat Lemah di Depan Marc Marquez, Dia Cenderung ‘Melahap’ Kita!

RiderTua.com - Valentino Rossi yang hadir di paddock melihat dengan mata kepala sendiri ketika Marc Marquez vs Pecco Bagnaia duel…

3 Mei 2024

Skutik Baru Yamaha Fluo 125 Buatan Indonesia ini Harganya Bikin Kaget

RiderTua.com - Memang ini merupakan Yamaha FreeGo yang lama, tapi skutik buatan Indonesia ini diekspor ke Brasil dengan nama Yamaha…

3 Mei 2024

Peugeot Hentikan Penjualan Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com - Peugeot telah hadir di Indonesia selama lebih dari tiga tahun, walau mereka baru menjual tiga model. Ketiganya terdiri…

3 Mei 2024