Categories: MotoGP

KTM: Aksi Wildcard Dani Pedrosa di Valencia Belum Pasti

RiderTua.com – Akhir pekan lalu di GP San Marino, KTM mengumumkan bahwa mereka mengajukan wildcard untuk Dani Pedrosa di GP Valencia (4-6 November). Tapi KTM sudah beberapa kali meminta wildcard untuk pembalap asal Spanyol itu, tapi kemudian meralatnya. “Karena tugas seperti itu hanya masuk akal jika kami memiliki materi baru yang siap digunakan untuk musim mendatang,” kata manajer tim Francesco Guidotti.

KTM: Aksi Wildcard Dani Pedrosa di Valencia Belum Pasti

Dani Pedrosa mengakhiri karirnya sebagai pembalap reguler setelah 2018 bersama Repsol-Honda. Dia memenangkan 31 balapan MotoGP dalam 13 tahun dan selalu masuk 10 besar klasemen, kecuali 2018 di peringkat 11 secara keseluruhan. Sejak 2019, Pedrosa berperan besar dalam pengembangan KTM RC16 sebagai test rider KTM Red Bull. Namun setelah tahun 2018, dia tidak lagi ingin berkompetisi dalam balapan Kejuaraan Dunia dan tidak lagi mau diwawancarai. Bahkan hal itu tertulis dalam kontraknya dengan KTM.

Tetapi pada tahun 2021 Pedrosa (dia akan berusia 37 tahun pada 29 September) tampil luar biasa, ambil bagian di GP Styria dengan wildcard dan masih mampu finis di posisi ke-10 pada usia hampir 35 tahun.

Pedrosa (Juara Dunia 125cc 2003 dan Juara Dunia 250cc 2004/2005 memenangkan ketiga gelar dunia ini untuk MoviStar-Honda), ambil bagian dalam Tes Misano pada Selasa dan Rabu lalu. Dia dan Brad Binder menguji versi pertama dari mesin 2023 V4 dan meningkatkan bagian suspensi WP.

Manajer tim Red Bull KTM Francesco Guidotti menjelaskan, mengapa balapan Dani Pedrosa di final Kejuaraan Dunia 2022 masih dipertanyakan. “Kami selalu memiliki program yang sangat ketat dengan banyak komponen baru untuk tes pribadi Dani. Tapi saat Dani berlaga di GP Valencia pada 6 November, dia tidak akan balapan tepat 15 bulan. Selama tes, dia membalap dalam mode uji, yaitu melakukan banyak long run dengan waktu lap yang konsisten,” ujar manajer asal Italia itu.

Manajer yang sebelumnya berkarir selama 10 tahun di tim Pramac itu menambahkan, “Dalam persiapan untuk balapan Kejuaraan Dunia, kita harus memberinya kesempatan untuk mengatur set-up untuk lap cepat individu dan melakukan beberapa ‘time attack’. Kami benar-benar harus memberinya kesempatan itu. Saat ini sulit untuk memprediksi apakah kami akan mampu melakukan ini. Lagi pula, kami hanya memiliki jumlah ban uji terbatas per musim dan terutama membutuhkan tes di musim gugur untuk menguji bahan terbaru 2023.”

Berbeda dengan dulu, pembalap reguler pada 2022 hanya diperbolehkan melakukan tes selama 1 hari di bulan November, yakni pada Selasa 8 November di Valencia. Dulu, tes selama 2 hari biasanya diselesaikan di Valencia dan Jerez pada bulan November.

Berbeda dengan pembalap reguler KTM (Miguel Oliveira, Remy Gardner dan Raul Fernandez akan meninggalkan KTM, hanya Brad Binder yang tersisa) Pedrosa juga diizinkan melakukan tes pada bulan November, Desember dan Januari. “Dani akan membalap di Jerez pada November dan Desember,” jelas Francesco Guidotti.

Karena jika memungkinkan sebelum akhir tahun, ‘spesifikasi mesin’ final untuk 2023 harus ditentukan. Selain itu sebelum tes Sepang pada bulan Februari, ‘aero body’ yang baru juga harus diuji. Dimana aero body itu kini sedang dikembangkan bekerja sama dengan ahli aerodinamika Formula 1, di Red Bull Technology di Milton Keynes (Inggris) yang juga menggunakan mobil balap F1 dari Verstappen dan Perez.

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer dan konsultan KTM Heinz Kinigadner melakukan kunjungan ke markas Formula 1 yang berada di lingkungan sirkuit Silverstone di British Motorcycle Grand Prix pada Jumat (5 Agustus) dan menyegel kerja sama di sana. Mereka kembali ke paddock MotoGP dengan kesan yang luar biasa.

Sejauh ini, KTM (seperti Aprilia Racing) telah mngerjakan aerodinamika di bekas wind tunnel/ terowongan angin Formula 1 Toyota di Cologne dan menemukan kelemahan dalam hal dinamika handling motor dibandingkan dengan Ducati dan Aprilia tahun ini seperti juga Honda, Suzuki dan Yamaha.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024