Categories: MotoGP

Ramon Forcada (Kepala Mekanik) Meninggalkan RNF: Tidak Kembali ke Franco Morbidelli

RiderTua.com –  Kepala mekanik senior era Lorenzo di Yamaha, Ramon Forcada meninggalkan RNF namun dia tidak akan kembali ke Franco Morbidelli.. Forcada akan mengikuti balapan terakhirnya untuk RNF-Yamaha di Misano.. Franco Morbidelli merayakan keberhasilan terbesarnya di MotoGP dengan kepala kru Ramon Forcada. Pada tahun 2020, Morbidelli memenangkan tiga balapan di tim Petronas Yamaha saat itu dan menjadi runner-up. Forcada pertama kali dikenal di paddock pada akhir 1980-an. Dengan Alex Criville, John Kocinski, Alex Barros, Carlos Checa dan Casey Stoner di Honda. Dia merayakan kesuksesan terbesarnya dari tahun 2008 di Yamaha. Tiga gelar juara dunia diraih sebagai kepala kru Jorge Lorenzo. Yang mencegah Forcada ikut ke tim resmi bersama Morbidelli adalah Petronas, mungkin akan beda cerita jika Forcada tetap bersama Morbi?

Lorenzo juga ingin membawa Forcada ke Ducati untuk 2017, tapi dia tetap bersama Yamaha dan bekerja dengan Maverick Vinales. Namun, Vinales memutuskan untuk menggantinya dengan Esteban Garcia untuk 2019. Yamaha menempatkan Forcada di tim satelit Petronas, yang sekarang menjadi RNF.

Ketika Morbidelli pindah ke tim resmi Yamaha musim panas lalu, Forcada tetap bersama Petronas atau RNF. Sejak itu dia bersama Andrea Dovizioso. Untuk Morbidelli, Yamaha memakai kepala kru baru di Patrick Primmer.

Tahun depan, tim RNF akan pindah dari Yamaha ke Aprilia. Forcada tidak akan ikut. “Dia adalah satu-satunya yang kami tanda tangani kontrak satu tahun,” kata manajer tim RNF Wilco Zeelenberg.. Zeelenberg juga mengkonfirmasi kepergian Forcada.. “Akan ada kepala kru lain di tempatnya. Saya tidak tahu masa depan Ramon. Anda harus berbicara dengannya tentang itu.”

Tapi mengapa Forcada tidak bergabung dengan tim pabrikan Yamaha dengan Morbidelli musim panas lalu?.. Ternyata itu kemauan Petronas.. “Kami menuntut agar Ramon tetap di tim kami.. Ketika Fabio Quartararo meninggalkan kami, Diego dan Pablo juga meninggalkan kami,” jelas Zeelenberg. Diego Gubellini adalah kepala kru Quartararo dan Pablo Guilliem adalah insinyur datanya.

“Kami harus membuat struktur baru untuk Valentino. Tidak semudah itu. Anda berjuang untuk karyawan Anda. Franco membuat keputusan untuk pindah ke tim pabrik. Dia juga memiliki opsi untuk tetap bersama kami dan Ramon..”

Apakah perpisahan Forcada merupakan faktor penyebab masalah Morbidelli? “Kami tidak tahu.. Tapi memang benar jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan kepala kru Anda, itu membantu. Ini tidak seperti yang satu baik dan yang lain buruk,”kata Zeelenberg.

“Karakternya harus cocok. Bahasanya juga harus pas. Satu pembalap menjelaskan masalah dengan satu cara, yang lain dengan cara yang sama sekali berbeda.” Saling pengertian sangat penting karena kepala kru harus menafsirkan pernyataan pembalap dengan benar untuk menyesuaikan pengaturan.

Forcada tidak akan kembali ke tim pabrikan Yamaha tahun depan, seperti yang dikonfirmasi Morbidelli .. “Bukan itu masalah yang sedang kita bicarakan saat ini. Saya menyesal dia meninggalkan paddock karena dia adalah legenda dan orang yang baik. Saya berkonsentrasi untuk bekerja dengan kepala kru saya dan dengan tim saya. Forcada juga akan meninggalkan paddock lebih awal dari yang diperkirakan”.

Misano akan menjadi balapan terakhir kru asal Spanyol itu untuk saat ini. Andrea Dovizioso juga akan mengakhiri karirnya di sana. Untuk enam balapan terakhir, tes rider Yamaha Cal Crutchlow akan mengambil tempat itu.

Menurut informasi, Yamaha telah memutuskan bahwa Silvano Galbusera akan menjabat sebagai kepala kru Crutchlow. Galbusera bekerja untuk Rossi dari 2014 hingga 2019. Kemudian dia dipindah ke tim penguji Yamaha.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024