MotoGP Austria 2022, Siapa yang Menang? Ducati, KTM atau Aprilia?

RiderTua.com – Pertarungan kejuaraan dunia MotoGP memasuki babak selanjutnya, tetapi siapa yang memiliki peluang terbaik di Spielberg musim ini? MotoGP Austria telah digelar di Red Bull Ring sejak 2016. Dalam 8 balapan di trek sepanjang 4.318 km itu menghasilkan 6 pemenang berbeda. Andrea Iannone, Jorge Lorenzo, Miguel Oliveira, Jorge Martin dan Brad Binder masing-masing meraih satu kemenangan, sementara Andrea Dovizioso berhasil membukukan 3 kemenangan di Styria. 6 kemenangan jatuh ke tangan Ducati dan pabrikan asal Austria KTM dua kali menang dalam balapan kandangnya. Pol Espargaro merebut pole position MotoGP pertama KTM pada tahun 2020. Tapi seberapa sukses pabrikan lain di kejuaraan dunia balap motor di sirkuit berkecepatan tinggi yang tahun ini dijinakkan oleh chicane di tikungan 2?

Pabrikan Mana yang Bakalan Sukses di Spielberg Musim Ini? Aprilia?

Yamaha belum pernah meraih kemenangan sejak balapan pertama di tahun 2016, namun pabrikan asal Jepang itu berhasil mengamankan tiga podium. Jorge Lorenzo finis di posisi ke-3 dalam balapan debut Red Bull Ring (di belakang pembalap pabrikan Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso). Juara dunia sekaligus pemimpin klasemen saat ini Fabio Quartararo juga pernah naik podium di Spielberg yakni saat dia finis ke-3 pada 2019 dan 2021.

Honda memenangkan balapan 500cc di sirkuit A1 lama pada tahun 1996 dan 1997 bersama Alex Criville dan Mick Doohan. Namun, sejak kembali ke kalender MotoGP sebagai Red Bull Ring, pabrikan asal Jepang itu belum meloloskan diri dari posisi ke-2. Marc Marquez mencetak 20 poin kejuaraan pada tahun 2017, 2018 dan 2019. Red Bull Ring adalah salah satu dari tiga sirkuit dalam kalender di mana juara dunia 8 kali itu tidak pernah menang (Red Bull Ring, Portimao dan Mandalika).

Sementara Suzuki berhasil menempati posisi 3 teratas bersama Joan Mir pada 2020 dan 2021, Aprilia masih menjadi satu-satunya pabrikan di MotoGP yang tidak pernah naik podium di Spielberg. Hasil terbaik pabrikan yang berbasis di Noale-Italia itu datang tahun lalu ketika Aleix Espargaro mengamankan tempat ke-10. Bisakah pembalap berusia 33 tahun itu mengubahnya pada 2022?

BTW, di GP Styria 2020 Miguel Oliveira (KTM), Jack Miller (Ducati) dan Pol Espargaro (KTM) berhasil naik ke podium. Ini adalah podium pertama sejak 1973 di mana hanya pabrikan Eropa yang diwakili. Saat itu Phil Read dan Giacomo Agostini (keduanya MV Agusta) finis di depan Kim Newcombe di Konig.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: