Categories: MotoGP

Andrea Dovizioso Pensiun dengan Gaya Rossi, Kalau Gak Kompetitif Pensiun Aja!

RiderTua.com – Andrea Dovizioso pensiun dengan gaya Valentino Rossi, seperti sebelum pensiun Dovi ‘dilepas’ oleh tim yang sama mengantarkan Rossi pensiun yakni tim Razlan Razali, atau di tim satelit Yamaha.. Bedanya Rossi mengakhirinya hingga akhir masa kontraknya, sementara Dovi lewat ‘jalur percepatan’ pensiun.. Namun keduanya membuktikan bahwa jika merasa sudah tidak kompetitif ‘lebih baik pensiun’..  Beberapa pekan lalu, Andrea Dovizioso sempat merahasiakan rencananya untuk mengakhiri lebih awal karir MotoGP-nya. Pembalap asal Forlimpopoli-Italia itu menjelaskan bahwa, dia tidak melihat alasan untuk terus membalap di kelas utama kejuaraan dunia balap motor karena dia tidak lagi kompetitif.

Namun kini semuanya menjadi jelas bahwa, Dovi akan mengucapkan selamat tinggal kepada para penggemarnya setelah balapan kandangnya di Misano pada 4 September mendatang. Bagaimana komentar Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, Pecco Bagnaia, Jack Miller dan Alex Rins mengenai hal ini?

Andrea Dovizioso Pensiun

Sebagai informasi, pada 4 Agustus lalu Tim WithU Yamaha RNF MotoGP mengkonfirmasi bahwa Dovizioso akan mengakhiri karir balapnya setelah balapan kandang di Misano. Menjelang GP Inggris, beberapa rekan pembalap memberikan pandangan mereka tentang keputusan pemenang balapan sebanyak 24 kali itu yang membukukan 15 kemenangan di kelas utama.

Pemimpin klasemen Fabio Quartararo mengatakan, “Saya belum punya kesempatan untuk berbicara dengan Andrea tentang hal itu secara mendalam. Tetapi sejauh ini dia jelas mengalami tahun yang sulit. Dia sempat istirahat 1 tahun dan kami tahu betapa sulitnya untuk datang kembali. Saya merasa dia membuat keputusan ini karena dia tidak bisa benar-benar menikmati motornya.”

“Tapi dia bisa melihat kembali karir yang hebat di mana dia telah membukukan 15 kemenangan di kelas MotoGP. Dia bersenang-senang dan saya berharap yang terbaik untuknya di akhir karirnya. Saya yakin, setelah itu dia akan menghabiskan waktu dengan motor motocross setiap hari ,” tambah pembalap pabrikan Yamaha itu.

Aleix Espargaro berkata, “Sayang sekali mengakhiri karier yang bagus seperti ini, tetapi seperti yang dikatakan Fabio, mengingat level tinggi di MotoGP, sangat sulit untuk mengambil cuti 1 tahun dan kemudian kembali dan mencoba untuk menjadi kompetitif. Dia adalah contoh yang baik bagi saya dan semua orang di Aprilia, cara dia membawa Ducati melesat ke depan sangat luar biasa. Saya berharap pada balapan terakhirnya akan berjalan dengan baik dan dia akan bersenang-senang dengan motorcross setelahnya.”

Sementara itu pembalap pabrikan Ducati Francesco ‘Pecco’ Bagnaia menekankan, “Sulit untuk mengatakan mengapa dia membuat keputusan ini. Saya harus berbicara dengannya terlebih dahulu untuk mengetahuinya. Tapi aku yakin dia punya alasan bagus untuk itu. Karirnya tentu saja hebat, dia adalah salah satu talenta paling penting dan contoh yang bagus untuk semua orang di Ducati, dia melakukan pekerjaan yang hebat.”

Dan rekan setimnya Jack Miller menambahkan, “Dia memiliki karir yang luar biasa, tetapi ketika kita mengambil cuti 1 tahun dan kemudian berganti pabrikan dan mencoba memulai proyek baru, itu selalu sulit. Sejauh ini dia telah melakukan yang terbaik. Tetapi pada akhirnya, olahraga ini sangat menegangkan dan jika kegembiraan hilang maka tidak ada gunanya melanjutkan. Saya sangat memahaminya dan mendoakan yang terbaik untuknya.”

Terakhir, Alex Rins juga mengomentari akhir karir Dovizioso yang semakin dekat. Dia berkata, “Ini bukan keputusan yang mudah untuk menyerah. Tapi dia jelas tidak memiliki waktu terbaik saat ini. Jika dia tidak merasa kompetitif dan sebagainya, lebih baik berhenti. Dia selalu menjadi referensi bagi saya, dia memenangkan banyak balapan dan memiliki beberapa duel yang sangat fantastis. Saya berharap dia selalu bersenang-senang di motor motocross, di mana dia mungkin lebih sering berlatih di masa depan.”

Bagaimana dengan pendapat Rossi sendiri jika dia ditanya tentang pengunduran Dovi, tentu dia tidak akan banyak bicara karena kemungkinan akan sama dengan apa yang dia alami sendiri, sama-sama tidak bisa menikmati balapan lagi..

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024