Marc Marquez: Speed MotoGP Dibatasi, Brad Binder: MotoGP Tak Terlalu Kencang!

Red Bull KTM Factory Racing  RiderTua.com – Lain Marquez, beda pula pendapat Binder. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez pada Juni 2021 pernah mengatakan bahwa top speed MotoGP harus dibatasi. Menurutnya motor MotoGP di era sekarang ini semakin kencang akibat kemajuan teknologi, dan meningkatkan risiko crash para pembalap. Namun dalam sebuah wawancara baru-baru ini, saat Brad Binder (KTM) ditanya, apakah motor MotoGP saat ini terlalu cepat? “Tidak,” jawabnya singkat. BTW: Tahun lalu, Brad Binder (Mugello) dan Johann Zarco (Qatar) adalah pembalap yang sama-sama memegang rekor top speed sepanjang masa (362,4 km/jam).. Apakah itu artinya Marc lebih mementingkan skill daripada ngacir saat balapan, karena dengan berkurangnya top speed jarak duel semakin dekat?

Memasuki paruh kedua musim 2022, Brad Binder menempati peringkat 6 dalam klasemen MotoGP. Menjelang GP Inggris akhir pekan ini, pembalap Red Bull KTM itu ingin melampaui hasil yang ditorehkan di Silverstone tahun lalu, dimana dia finis ke-6 di sirkuit sepanjang 5,891 km itu. Selain itu, dia juga ingin mengungguli prestasinya sejauh musim ini bergulir.

Brad Binder: Motor MotoGP Saat Ini Tidak Terlalu Cepat

Sebelum menghadapi seri 12 musim ini, pembalap berusia 26 tahun itu berbicara tentang beberapa poin penting yang saat ini menentukan kejuaraan dunia balap motor.

Haruskah aerodinamika tetap menjadi bagian dari MotoGP? “Bagi saya itu adalah masa depan,” imbuh rider asal Afriak Selatan itu. Bagaimana dengan ride height devices? “Saya suka perangkat itu, tetapi perangkat itu tidak sepenuhnya diperlukan,” lanjutnya. Lalu ditanya lagi, bukankah paradoks bahwa motor paling lambat mampu memenangkan kejuaraan dunia? “Catatan waktu tidak dicapai di lintasan lurus,” tegasnya.

Apa pendapat Brad tentang kontrol kualitas Michelin? “Bagaimanapun, performanya harus sedikit lebih konsisten dari satu ban ke ban lainnya,” jawab rider berjuluk BradAttack itu. Apakah dia ingin menguji motor Ducati listrik yang baru? Namun saat Brad akan menjawab, press officer yang duduk di sebelahnya berdehem. “Saya sangat senang dengan RC16 saya. Saya tidak tertarik untuk menguji motor listrik,” ujarnya.

Apakah Brad tahu berapa banyak bensin yang dia gunakan per tahun? “Tidak sulit untuk menghitungnya. Pasti beberapa ribu (liter),” jawabnya. Apakah dia memahami aturan FIM Steward Panel untuk situasi kritis di lintasan? Kakak Darryn Binder itu menjawab, “Ya, menjadi seorang steward bukanlah tugas yang mudah. Mereka akan selalu dikritik oleh orang yang memiliki pendapat yang bertentangan.”

Berapa hari jadwal pers yang disepakati secara kontrak dengannya? “Dalam setiap kontrak kami memiliki hari untuk PR (public relation). Ini bukan hanya tentang KTM, ini juga tentang baju balap, helm dan lainnya. Seharusnya total 21 hari,” jawabnya. Apakah pers mengganggunya? “Tentu saja saya tidak mengatakan bahwa pers memudahkan saya. Tapi saya benar-benar tidak bisa melewatinya,” ungkapnya.

Manakah dari pembalap saat ini yang paling mengesankan Brad di trek? “Sejujurnya, tidak ada satupun dari mereka,” pungkas rekan setim Miguel Oliveira itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page