Tak Ada Rookie di MotoGP Tahun Depan? Vietti Kemana?

MotoGP RiderTua.com –  Jika Celestino Vietti (Mooney VR46) maupun Ai Ogura (Idemitsu Honda Asia Team) tidak naik kelas ke MotoGP 1000cc setelah musim ini, tidak akan ada rookie di kelas utama pada tahun 2023 untuk pertama kalinya sejak dimulainya Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2010. Secara otomatis tidak akan ada pula kategori Rookie of the Year. Namun bisa juga mereka yang bertanggung jawab bisa merubah keadaan ini.. Kondisi ini kontras dengan tahun ini, di mana lima pendatang baru telah pindah ke kelas 1000cc tahun ini: Remy Gardner, Raúl Fernández, Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio dan Darryn Binder (langsung dari Moto3). Ogura masih bisa setahun lagi di Moto2, kalau Vietti harus kemana?

Jika proyek Moto2 VR46 dihentikan maka, bagaimana dengan nasib Vietti, meski ini masih rumor.. BTW, tidak selalu pembalap yang berhasil juara dunia di Moto2 atau kelas kecil sebelumnya tampil bagus di kelas MotoGP. Runner-up Moto2 seperti Luca Marini juga bisa tampil lumayan di kelas Premier. Sementara Fabio Quartararo belum memenangkan balapan Kejuaraan Dunia Moto3 dan hanya menang satu kali di Moto2, tetapi saat menjadi rookie pada 2019 di Petronas-Yamaha dia meraih enam pole position dan lima podium.

Joan Mir juga berani terjun ke MotoGP bersama Suzuki-Ecstar setelah musim Moto2 pertamanya di tahun 2018 dan menempati posisi keenam di kejuaraan dunia. Di tahun kedua (2020) dia secara mengejutkan menyabet gelar juara dunia di sana.

Alex Rins menempati posisi kedua dan ketiga secara keseluruhan di Kejuaraan Dunia Moto2 sebelum pindah ke kelas MotoGP setelah musim 2016. Bagaimanapun, dia sudah memiliki tiga kemenangan, dan pada 2020 dia finis ketiga di Kejuaraan Dunia dengan Suzuki GSX-RR.

Pembalap Malaysia Hafizh Syahrin hanya meraih tiga podium di Kejuaraan Dunia Moto2 dalam sepuluh tahun (2012 di Sepang, 2017 di Misano dan Motegi), dia tidak pernah lebih dari posisi kesembilan dan kesepuluh secara keseluruhan (2016 dan 2017). Meskipun demikian, dia dipromosikan ke tim Tech3 Yamaha MotoGP untuk 2018 setelah Jonas Folger sakit.

Dan Iker Lecuona bahkan datang ke tim Tech3-KTM setelah musim 2019 setelah menempati peringkat ke-12 di Moto2 karena Johann Zarco mengakhiri kontrak KTM untuk 2020 lebih awal, Binder kemudian dipindahkan dari Tech3-KTM ke tim resmi Red Bull dan Iker Lecuona bersama Oliveira di Tech3-KTM.

Bahkan Casey Stoner pernah menjadi juara dunia di kelas 125 dan 250cc. Namun demikian, dia mendominasi Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2007 dengan Ducati dan pada 2011 dengan Repsol Honda.

Related Articles

1 COMMENT

  1. Marc Marques di suruh pensiun aja .. Udah cacat .. Tidak akan juara lagi .. Buang buang duit aja buat gaji dia … Besar lagi gaji nya … Vieti di suruh masuk Honda aja gantikan Marques .. Hahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page