BMW dan Rencananya Produksi Mobil EV di Indonesia

RiderTua.com – BMW benar-benar serius dalam melakukan elektrifikasi mobilnya di Indonesia. Meskipun ditengah gangguan krisis chip semi-konduktor, tapi ini tidak membuat rencananya terganggu. Namun BMW belum bisa memastikan apakah mereka akan memproduksi mobil listrik di Tanah Air. Meskipun mereka kini sudah menghadirkan sejumlah model di pasar.

Baca juga: BMW M Mesin Bensin Takkan Dihadirkan Lagi Tahun Depan?

BMW Belum Pastikan Mobil Listriknya Bisa Diproduksi Lokal

Sebelumnya BMW sempat menjual dua mobil listrik di Indonesia, yaiu i3 dan i8. Tapi sejak keduanya sudah dihentikan produksinya beberapa tahun lalu, mereka menghabiskan stok yang tersisa. Sehingga mereka dapat mengisinya dengan model baru seperti Mini Electric yang dirilisnya beberapa minggu lalu.

Sejauh ini mereka belum memiliki rencana untuk memproduksi mobil lainnya di Indonesia, terutama mobil listrik. BMW masih mendatangkannya langsung dari kampung halamannya, walau mereka tahu ini membuat harga jual mobilnya menjadi lebih mahal. Tapi mereka tidak dapat memproduksi model EV begitu saja.

(Top Gear)

Perlu Rencana

BMW mengatakan kalau rencana produksi mobil listrik di Tanah Air membutuhkan perencanaan yang matang. Apalagi fasilitas produksinya saat ini belum mendukung produksi mobil EV, terlebih infrastruktur pendukungnya belum memadai. Sehingga mereka harus mengurungkan niat untuk memproduksi mobil listrik secara lokal terlebih dahulu.

Sementara untuk mobil listrik pengganti i8, BMW sudah menyiapkan dua model lainnya selain Mini Electric, yaitu iX dan i4. Walau belum diluncurkan, tapi mereka sudah mendapat pesanan dari konsumen Indonesia, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Tapi setidaknya mereka sudah tahu kalau ada konsumen yang ingin mendapatkan mobil listrik tersebut.

Untuk saat ini, BMW mengandalkan Mini Electric di pasar mobil listrik di Indonesia. Walau modelnya masih sama seperti mobil Mini lainnya, tapi tenaga listrik yang diusungnya membuatnya lebih ramah lingkungan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page