Perkembangan Line-up MotoGP 2023

RiderTua.com – Pada MotoGP musim 2023, grid start kelas utama akan menyusut menjadi 22 pembalap. Sebagian besar tempat di tim pabrikan semuanya telah terisi, meskipun Repsol-Honda belum mengumumkan penandatanganan Joan Mir (bersama Marc Marquez) dan Ducati Lenovo belum mengkonfirmasi penandatanganan Enea Bastianini sebagai rekan setim Pecco Bagnaia. Tapi Aprilia Racing telah memperpanjang kontrak Aleix Espargaro dan Maverick Vinales untuk 2 tahun lagi. Sementara itu pemimpin klasemen Fabio Quartararo (hingga 2024) dan Franco Morbidelli (2023) akan melanjutkan di Monster Yamaha. Brad Binder dan Jack Miller akan bergabung dengan Red Bull KTM selama 2 tahun ke depan.

Perkembangan Line-up MotoGP 2023

Tim satelit sebagian besar juga telah membuat keputusan dalam memilih pembalap. Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez akan memperkuat Gresini Racing sebagai pasangan pembalap baru. Keduanya akan menunggangi Desmosedici GP22, yang tidak selalu menjadi kerugian besar mengingat Bastianini memenangkan tiga balapan pada tahun 2022 dengan Ducati yang berusia 1 tahun dan rookie Marco Bezzecchi juga berhasil finis kedua di TT Belanda dengan mesin seperti itu kalah 0,4 detik dari pembalap pabrikan Bagnaia.

Ducati juga akan tetap memasangkan delapan pembalap pada 2023. Empat di antaranya pasti dengan mesin GP23 yakni dua rider dari tim pabrikan Lenovo serta dua rider Prima Pramac Racing dengan Jorge Martin (belum 100 persen disegel) dan Johann Zarco.

Apakah tim Mooney VR46 milik Valentino Rossi akan menerima model Ducati GP22 untuk Marco Bezzecchi dan Luca Marini, atau setidaknya satu pembalap akan menerima GP23? Hal ini masih dalam negosiasi.

Apakah Bastianini akan benar-benar mendapatkan tempat yang ditinggalkan Miller ketimbang Martin di Ducati-Lenovo, juga belum diklarifikasi. Meskipun peluang pembalap asal Italia itu di Ducati Corse ditempatkan pada ’70 persen’. Pemilik tim Pramac Paolo Campinoti masih menunggu untuk melihat, apakah dia akan menyerahkan Martin untuk ditukar dengan Bastianini dari Gresini. “Itu keputusan Gigi Dall’Igna. Saya hanya tangan kanannya,” ujar Campinoti sambil tertawa di Assen.

Tim LCR Honda dipastikan akan diperkuat Alex Rins, dengan tetap melanjutkan bersama Taka Nakagami atau pembalap Moto2 Ai Ogura dipindahkan dari HRC sebagai rookie ke MotoGP.

Miguel Oliveira sudah ditetapkan untuk memperkuat tim WithU RNF Aprilia yang baru. Dan rencananya Raul Fernandez sebagai rider kedua, tetapi rider berusia 21 tahun itu belum menerima persetujuan dari KTM.

Dengan Pol Espargaro, tim Tech3 akan kembali mempunyai rider nomor 1 yang jelas setelah tahun sebelumnya gagal dengan dua rookie. Remy Gardner lebih disukai sebagai rekan satu tim Pol. Pierer Mobility AG akan memasok tim Tech3 dengan motor GASGAS di masa depan, mereka identik dalam konstruksi dengan KTM RC16, yang diizinkan oleh peraturan asalkan bukan prototipe yang tersedia di pasar.

Untuk pertama kalinya di era MotoGP, Yamaha tidak akan memasok tim satelit pada 2023. Kemungkinan besar juga tidak pada 2024, karena tim VR46 milik Rossi masih terikat kontrak dengan Ducati hingga akhir 2024, dan Gresini hingga akhir 2023. Tapi bos tim Gresini Nadia Padovani ingin memperpanjang kontrak 1 tahun lagi dalam waktu dekat untuk meningkatkan keamanan perencanaan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page