Tantangan High Speed Michelin di GP Mugello

RiderTua.com – Dengan tata letaknya yang mengalir dan cepat, Mugello adalah salah satu trek paling menantang baik untuk motor maupun pembalap. Akhir pekan ini balapan MotoGP akan menyambangi Italia. Seperti biasa, Michelin membawa tiga kompon ban kering yang berbeda ke balapan Mugello. Selain ban soft dan hard, tersedia juga kompon medium untuk MotoGP. Semua ban depan simetris, sementara ban belakang asimetris. Karena Mugello mempunyai 9 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri, sehingga sisi kanan sedikit lebih keras ketimbang kiri. Mugello adalah trek dengan arah putaran searah jarum jam (clockwise).. BTW: banyak tikungan kanan biasanya tidak disuka Marquez juga, selain arah putarannya..

Tantangan High Speed Michelin di GP Mugello

Meskipun Mugello berada di wilayah Italia yang cuacanya sangat hangat dan kering, selalu ada risiko turun hujan. Ban hujan Michelin tersedia dalam kompon soft dan medium, dan ban belakang juga didesain asimetris. Namun, ramalan cuaca pada hari Selasa untuk akhir pekan, memperkirakan kemungkinan hujan maksimum 30 persen, suhu akan tetap di bawah 30 derajat paling rendah.

Dengan panjang lintasan 5,2 kilometer, sirkuit di Tuscany ini merupakan salah satu lintasan yang lebih panjang. Dengan tikungan yang sangat cepat, tetapi juga zona pengereman yang keras dan start-finish lurus sepanjang lebih dari 1,1 km, Mugello adalah salah satu sirkuit yang paling menuntut dalam kalender balap.

Manajer Motorsport Roda Dua Michelin Piero Taramasso mengatakan, “Tahun lalu balapan di Mugello terasa aneh karena tidak ada penonton di sirkuit. Tahun ini penggemar bisa kembali datang ke sirkuit dan merasakan kegembiraan yang luar biasa di Mugello lagi. Jelas ini sangat menyenangkan. Itulah yang dikenal dari sirkuit ini.”

“Saat ini cuaca bisa sangat berubah sepanjang tahun. Di pegunungan, di pagi hari suhu bisa lebih dingin, tetapi pada siang hari suhu dapat meningkat secara signifikan. Ini adalah trek dengan tata letak yang sulit untuk ban dan pembalap,” imbuh pria asal Italia itu, merujuk pada performa ban.

Taramasso menambahkan, “Meskipun ada sederet tantangan, banyak rekor baru tercipta tahun lalu. Rekor lap sepanjang masa, rekor lap balapan, rekor top speed, juga rekor baru dalam balapan. Dengan mengingat hal-hal ini, saya yakin ban kami akan tampil baik.”

Rekor di Mugello:

  • Rekor lap sepanjang waktu: 1:45,187 menit oleh Fabio Quartararo (Yamaha) tahun 2021
  • Lap balapan terbaik: 1:46.810 menit oleh Johann Zarco (Ducati) mulai tahun 2021
  • Rekor top speed: 362,4 km/jam oleh Brad Binder (KTM) tahun 2021

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page