Lin Jarvis: Yamaha Tidak Membutuhkan Tim Satelit? Tunggu Sebulan Lagi!

RiderTua.com – Yamaha Motor Racing ingin secepat mungkin meneken kontrak baru berdurasi 2 tahun dengan Fabio Quartararo dan manajernya Eric Mahe. Kemudian mereka akan langsung membahas apakah akan ada tim satelit Yamaha MotoGP pada tahun 2023. Dalam sebuah wawancara menjelang GP Mugello, Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing mengatakan, “Batas waktu internal untuk kontrak baru dengan RNF adalah akhir Juni. Karena pada bulan Juli kami harus memesan suku cadang dan kemudian membangun motor untuk tahun depan. Pada titik ini kita perlu mengetahui spesifikasi motor apa yang akan didapatkan tim. Dan apakah kami membutuhkan motor untuk tim satelit atau tidak?”

Lin Jarvis: Apakah Yamaha Membutuhkan Motor untuk Tim Satelit atau Tidak

Pada tahun 2019 dan 2020, tim satelit Yamaha meraih kesuksesan yang luar biasa. Dua pembalapnya Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli berhasil menunjukkan performa apiknya. Sebagai debutan di MotoGP, El Diablo berhasil meraih 7 podium (finis ke-2 lima kali, ke-3 dua kali) dan peringkat 5 dalam klasemen pada 2019. Dan pada tahun 2020 Quartararo dan Morbidelli masing-masing merayakan tiga kemenangan balap. Pembalap murid Valentino Rossi itu bahkan menjadi runner-up dan sebagai pembalap terbaik Yamaha pada tahun itu. Sementara El Diablo menempati peringkat 8 dalam klasemen.

Namun pada Agustus 2021, secara mengejutkan perusahaan minyak asal Malaysia Petronas mengumumkan mundur sebagai sponsor utama tim di akhir musim. Kemudian kepala tim Razlan Razali mengambil alih dua tempat tim dari Dorna dan meneken kontrak 5 tahun hingga akhir 2026. Perusahaan energi asal Italia milik Matteo Ballarin, WithU masuk sebagai sponsor utama baru. Namun Yamaha menandatangani kontrak hanya untuk 1 tahun yakni 2022 saja. Itulah sebabnya, Razali mengambil opsi lain. Kini dia juga sedang bernegosiasi dengan Aprilia tentang pembentukan tim satelit.

Tapi Yamaha ingin menyelesaikan kesepakatan baru dengan tim WithU-RNF pada bulan Juni nanti. Pembicaraan antara Yamaha dan Razali direncanakan pada GP Mugello.

Orang-orang Jepang menghargai tim satelit yang mendedikasikan untuk melatih bakat -bakat muda bertalenta. Untuk tahun 2023, pembalap Moto2 yang kini sedang naik daun Celestino Vietti menjadi kandidat pilihan untuk tim RNF. Juara Dunia Superbike Toprak Razgatlioglu juga masih dalam negosiasi untuk tempat ini. Selain itu, Yamaha ingin suatu hari nanti dapat menawarkan kesempatan MotoGP kepada para talenta Moto2 dari Tim Master Camp Yamaha yang baru.

Saat ini di tim WithU Yamaha, Andrea Dovizioso belum mencapai hasil yang diekspektasikan. Sementara rookie Darryn Binder, tidak tertinggal dari pendatang baru lainnya, meskipun dia langsung terjun ke MotoGP dari Moto3 tanpa terlebih dulu ambil bagian di Moto2.

“Secara umum, pembicaraan dengan RNF berjalan baik. Hasil yang ditorehkan saat ini jauh dari ekspektasi. Tapi ini adalah proyek yang sedang kami kerjakan. Saya punya harapan bahwa kemungkinan besar kami akan menyetujui kontrak baru dengan RNF. Tapi prioritas kami saat ini adalah memperpanjang kontrak dengan Fabio,” pungkas Jarvis.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page