Apakah MotoGP Finlandia Dibatalkan?

RiderTua.com – MotoGP Finlandia di KymiRing dibatalkan pada 2020 dan 2021. Dan dalam beberapa minggu terakhir, dari paddock MotoGP tersiar kabar bahwa GP Finlandia kini terancam ditunda tahun depan lagi. Pada 21 April, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menegaskan bahwa tidak ada pembatalan dalam waktu dekat. “Saat ini kami tidak punya kabar buruk terkait GP Finlandia,” tegas bos asal Spanyol itu 4 pekan lalu.

Apakah GP KymiRing Dibatalkan?

Jadwal tes MotoGP untuk para test rider Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia sudah dekat. Tes ini direncanakan digelar pada 13-14 Juni. Pada saat yang sama (diketahui setelah GP Le Mans), delegasi Dorna dan offisial IRTA mengunjungi Finlandia untuk menilai infrastruktur dan persiapan Kymiring untuk menggelar balapan bergengsi internasional.

Tapi pada Jumat sore, di antara tim penguji MotoGP tersiar kabar bahwa Dorna dan FIM akan membatalkan GP Finlandia.

Ada banyak alasan untuk ini. Pihak promotor dan operator trek secara finansial kekurangan dana. Mereka membutuhkan puluhan ribu penonton dari Rusia yang kini sudah tidak diperbolehkan. Selain itu pihak tim dan Dorna mengeluh tentang biaya feri yang sangat tinggi ke Helsinki.

Rencana awalnya adalah, menggabungkan perjalanan ke Far North pada tahun 2023 dengan GP Rusia di Sirkuit Igora Drive dekat St. Petersburg, sehingga dapat membagi biaya perjalanan menjadi dua balapan. Tapi rencana itu juga gagal.

“Selama tidak ada pernyataan resmi dari Dorna, GP Finlandia tetap ada di kalender,” jawab pemilik tim MotoGP yang namanya enggan disebutkan.

Jika GP Finlandia (8 hingga 10 Juli) benar-benar dibatalkan, ini berarti liburan musim panas mulai 26 Juni (GP Belanda di Assen) hingga 7 Agustus (GP Silverstone), yaitu 5 akhir pekan bebas balapan.

“Jika balapan dibatalkan tahun ini, kami tidak akan menyelenggarakan balapan pengganti,” ujar CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di musim semi lalu.

Hingga kini GP Jepang juga masih dipertanyakan. Sehingga jumlah balapan musim 2022 bisa menyusut dari 21 menjadi hanya 19 balapan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page