Penjualan Sepeda Motor Bulan April 2022 Menurun?

RiderTua.com – Penjualan sepeda motor di Indonesia masih cukup stabil sepanjang kuartal pertama tahun ini. Pada bulan April lalu, tercatat 439 ribu unit motor yang terjual selama periode tersebut. Namun hasil penjualan sepeda motor bulan lalu mengalami penurunan yang tipis. Terlebih hasil tersebut menurun dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Harley-Davidson Siap Rilis Motor Baru Bulan Ini?

Penjualan Sepeda Motor Bulan April Alami Penurunan

Sepanjang bulan April 2022, ada 439.472 unit sepeda motor yang terjual di Indonesia. Walaupun angka ini cukup tinggi, tapi ternyata ada sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu sebesar 2,46 persen. Pada Maret lalu saja tercatat 450.565 unit motor yang sukses terjual.

Selain itu, hasil penjualan bulan April tahun ini menurun 7,6 persen dari tahun lalu di bulan yang sama. Saat itu, penjualan roda dua bisa tembus hingga 472.889 unit, lebih tinggi dari hasil pada tahun ini. Tentu ini menghasilkan perbedaan yang cukup kontras jika melihat pada penjualan di tahun 2021.

(MPM Honda Jatim)

Krisis Chip

Penurunan penjualan ini sebagian besar masih terdampak dari krisis chip semi-konduktor. Produksi motor menjadi terganggu karenanya, jelas karena komponen chip ini dibutuhkan untuk melengkapi teknologi pada suatu fitur kendaraan. Dengan menipisnya stok tersebut, membuat ketersediaannya menjadi semakin langka.

Honda sudah merasakan dampak dari krisis chip tersebut, dengan terganggunya produksi motor matik entry level-nya. Walau demikian, hanya motor jenis tersebut yang terkena dampaknya, sedangkan jenis lainnya tidak. Namun ini akan berdampak pada penjualannya karena motor matik masih mendominasi penjualan roda dua.

Motor matik tetap menyumbangkan kontribusi yang besar pada penjualan sepeda motor di Tanah Air, dengan 87,36 persen disumbangkan dari motor jenis ini. Sisanya seperti motor bebek dan sport hanya menyumbangkan kontribusi yang lebih sedikit.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page