Categories: MotoGP

Livio Suppo: Tidak Ada Tim Satelit untuk Tahun 2023

RiderTua.com – Selama bertahun-tahun, Suzuki telah membahas pembentukan tim satelit MotoGP. Tapi tak juga terealisasi hingga saat ini. Tak dipungkiri jika diperlukan pemikiran matang untuk masalah yang satu ini. Tapi untuk saat ini manajer tim Livio Suppo menegaskan, “Ini adalah sesuatu untuk masa depan, bukan untuk tahun 2023.” Livio Suppo juga setidaknya harus menyiapkan 9 pembalap cadangan (mungkin dari beberapa Moto2) apabila Mir dan Rins tidak di tim lagi.. Bukan rahasia lagi bahwa Mir mendapat tawaran dari HRC untuk tim Repsol.

Livio Suppo: Tidak Ada Tim Satelit untuk Tahun 2023

Sebelumnya Livio Suppo menyebutkan bahwa, Suzuki ingin tetap berlanjut dengan Joan Mir dan Alex Rins. Tapi pabrikan asal Hamamatsu ini juga mencari alternatif pembalap top lainnya, karena belum jelas apakah duo Suzuki ini punya tawaran menarik dari pabrikan lainnya.

Menjelang GP Kerez, Livio Suppo mengatakan, “Kami berada dalam situasi kontrak yang sama seperti pada awal musim di Qatar. Niat kami adalah mempertahankan kedua pembalap. Saya tahu persis betapa sulitnya mengganti keduanya. Alex Rins melakoni musim 2021 yang sangat sulit. Tapi sekarang dia membuktikan bahwa, inilah Alex Rins yang asli bukan yang kita lihat tahun lalu. Saat ini dia sekuat musim 2019 dan 2020. Dan saat ini kami sangat senang dengan penampilan kedua pembalap.”

Tapi tentu saja manajer pembalap Paco Sanchez (Joan Mir) dan Miguel Galvarriato (Alex Rins) juga mempertimbangkan jika ada tawaran dari pabrikan lain. Bukan rahasia lagi bahwa Mir mendapat tawaran dari HRC untuk tim Repsol.

“Kami akan segera mulai negosiasi dengan manajer mereka. Kami belum menghubungi pembalap lain karena pertama kami ingin mencari tahu, apakah kami dapat menemukan solusi baru dengan duo pembalap saat ini. Sejauh ini kami belum punya rencana cadangan, untuk berjaga-jaga setidaknya kami membutuhkan 9 pembalap.”

Tapi Suppo tidak mau mengungkap nama-nama calon kandidat yang dilirik untuk saat ini.

Berita lainnya adalah mengenai tim satelit Suzuki MotoGP, sebuah isu yang tersiar selama 20 tahun dan tidak pernah terwujud.

Suppo menambahkan, “Tidak ada yang akan terjadi untuk 2023 karena semua tim satelit terikat dengan pabrikan mereka. Pertama, kami tidak ingin menimbulkan masalah. Kedua, Suzuki sudah lama merencanakan tim satelit. Tapi kemudian situasi krisis kesehatan dan hal-hal lain mengintervensi.”

“Jadi kami harus membuat rencana bisnis baru untuk perusahaan, bersama-sama dengan Sahara-San dan menjelaskan pro dan kontra dari proyek semacam itu. Bagi saya hanya ada nilai tambah. Tapi kami harus menjelaskan mengapa kami pikir rencana seperti itu masuk akal. Tapi itu sesuatu untuk masa depan,” pungkas manajer asal Italia itu.

Karena untuk 2023 baik WithU-RNF maupun LCR belum punya kontrak baru dengan Yamaha dan Honda, tetapi kelihatannya itu hanya formalitas. Dan Gresini Racing telah menandatangani kontrak dengan Ducati hingga akhir 2023, sementara Mooney VR46 bahkan hingga akhir 2024. Tech3 memiliki kontrak dengan KTM hingga akhir 2026, dan Pramac akan tetap bersama Ducati.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Kolaborasi Yamaha dengan FILA, Luncurkan Fazzio Edisi Spesial

RiderTua.com - Salah satu skutik Yamaha yang berkolaborasi dengan FILA yakni sebuah brand fashion terkenal, menghasilkan edisi spesial dari Fazzio…

25 April 2024

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024