Categories: MotoGP

Marc Marquez Tak Percaya Honda Begitu ‘Sulit Menang Seri’!

RiderTua.com – Di MotoGP Amerika, setelah 20 lap, Marc Marquez melewati garis finis tepat 4,3 detik di belakang Jack Miller yang finis di podium ketiga. Meskipun dia banyak melakukan manuver menyalip. Marc menjelaskan, entah kenapa di Indonesia, setiap kali nge-push dengan ban baru, dia crash sebanyak 4 kali dalam 3 hari. Di Texas, dia tidak crash sama sekali selama 3 hari. “Saya juga nge-push di Austin dan saya juga akan nge-push di Portimao akhir pekan nanti,” kata pembalap kakak Alex Marquez (LCR) itu. “Saya tidak bisa membayangkan bahwa kami berada di level di mana kami bisa kesulitan untuk meraih kemenangan di setiap balapan,” tambahnya.. Tak bisa dipercaya, Honda yang menjadi pabrikan motor terbesar di dunia tetapi hanya menempati peringkat 6 atau yang paling terakhir di klasemen konstruktor!

Pemenang MotoGP 59 kali itu menambahkan, “Saya sangat ingin kembali ke Texas karena itu trek yang bagus untuk saya. Ini adalah sirkuit yang sangat saya kenal. Itu sebabnya saya tahu persis di mana titik lemah motor kami. Sekarang kami harus mencari tahu level apa yang bisa kami capai di sirkuit Eropa.”

Marc: Honda Sulit Menang Tiap Seri

Saya tidak bisa membayangkan bahwa kami berada di level di mana kami bisa kesulitan untuk meraih kemenangan di setiap balapan. Saya memberikan tekanan nyata pada para insinyur Honda. Saya berkata, ‘Jika kita ingin menang atau setidaknya kompetitif di balapan berikutnya, kita harus berusaha lebih keras di area ini dan itu’.”

Tak bisa dipercaya, Honda yang menjadi pabrikan motor terbesar di dunia tetapi hanya menempati peringkat 6 atau yang paling terakhir di klasemen konstruktor!

“Ya, kami punya beberapa kelemahan. Memang benar bahwa Pol menjalani balapan dengan baik di beberapa trek, begitu juga Nakagami. Tapi kami harus meningkat, karena kami harus kompetitif di semua sirkuit dan mampu secara konsisten memberikan performa yang baik,” tegas pembalap Juara Dunia 8 kali ini.

Pembalap berjuluk Baby Alien itu menjelaskan, “Pada hari kamis sebelum sesi latihan pertama, saya menjelaskan bahwa saya datang ke Amerika untuk melakukan kompetisi. Di sisi lain, usai GP Indonesia saya harus membangun kepercayaan diri terlebih dahulu. Ada keraguan ketika saya sedang duduk di kantor saya di paddock. Tapi begitu saya mengendarai motor ke trek, kita tidak memikirkan risiko atau bahayanya.”

“Tentu saja saya mencoba mengendalikan diri dan tidak terlalu memaksakan diri. Misalnya pada race hari Minggu, setelah tikungan pertama saya berkata pada diri sendiri, ‘Oke, saya menjadi yang terakhir sekarang. Tapi saya tidak punya target dalam pikiran. Saya akan melihat selangkah demi selangkah seberapa jauh saya bisa maju’. Dan itulah yang saya lakukan. Saya menyalip satu demi satu pembalap.”

“Ya, meskipun saya pernah melakukan kesalahan besar di tikungan 1, saya senang berada di tengah Nakagami dan pembalap lain. Saya harus melepaskan rem lagi. Tapi kesalahan ini adalah konsekuensi dari tindakan Vinales di zona pengereman. Pada dasarnya, saya tetap cukup tenang sepanjang balapan. Saya bisa mengendalikan diri dengan baik.”

“Dalam 4 atau 5 lap terakhir, saya kelelahan. Pecco berada dalam jangkauan untuk disalip. Tapi saya berkata pada diri sendiri, ‘tempat ke-6 sudah cukup’,” pungkas Marc Marquez.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez : Di Texas Saya Memikirkan Podium.. Bukan Kemenangan!

RiderTua.com - Marc Marquez bisa merayakan kemenangan pertamanya bersama tim Gresini Ducati jika dia tidak crash beberapa saat setelah memimpin…

20 April 2024

Pengiriman Suzuki Jimny 5-Door Cukup Cepat Meski Inden Beberapa Bulan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan Jimny 5-door di Indonesia bulan Februari lalu dan disambut baik di pasarnya. Seperti model 3-door,…

20 April 2024

Toyota Umumkan Recall Prius Karena Ini

RiderTua.com - Toyota Prius masih menjadi salah satu mobil hybrid unggulannya di pasar global. Terlebih setelah modelnya memasuki generasi terbaru…

20 April 2024

BYD dan Mercedes-Benz Siap Hadirkan Mobil Baru di Eropa?

RiderTua.com - BYD sudah dapat mencatatkan hasil penjualan mobil listriknya yang cukup bagus selama ini. Meski demikian, mereka juga melakukan…

20 April 2024

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024