Mobil Diesel Toyota Kena Euro 4, Harga Naik?

RiderTua.com – Mobil diesel masih terus dijual di Indonesia meski sudah ada mobil bensin bahkan hybrid dan listrik murni. Nyatanya Toyota menjadi salah satu produsen yang tetap menyediakan model jenis ini. Namun kini mobil diesel terkena standar emisi Euro 4 yang sudah ditetapkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Sehingga harga jualnya mulai naik mulai bulan ini.

Baca juga: Toyota Veloz Diuji Tabrak Oleh ANCAP, Ini Hasilnya

Mobil Diesel Mengalami Kenaikan Harga

Aturan emisi Euro 4 sudah diterapkan di Indonesia sejak awal April, dan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan diesel yang dijual di pasar. Entah itu mobil penumpang bahkan sampai truk dan bus, semua kendaraan yang memakai mesin diesel akan dikenakan tarif tambahan. Akibatnya harga jualnya mengalami kenaikan, meskipun berbeda untuk tiap model.

Toyota sudah mengetahui akan aturan emisi yang terbaru ini, dan berdampak pada produk diesel yang disediakannya. Mereka memiliki tiga model yang memiliki mesin diesel, yaitu Fortuner, Kijang Innova, dan Hiilux. Trio mobil IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) ini sama-sama naik harganya, walau kenaikannya bervariasi.

(Toyota Astra Motor)

Fortuner dan Innova

Untuk Fortuner dan Kijang Innova, banderolnya naik hingga Rp 11-12 jutaan, sedangkan Hilux hanya sebesar Rp 8-9 jutaan. Memang kenaikannya tak cukup seberapa bagi Hilux, tapi tidak untuk Fortuner dan Innova. Keduanya kini dipatok harga lebih mahal dari harga semulanya sebelum Euro 4 diterapkan.

Sebenarnya Toyota juga memiliki mobil diesel lainnya yang ikut terkena imbas dari penerapan Euro 4. Model tersebut yaitu minibus Hiace dan Land Cruiser terbaru, meskipun kenaikannya tak dirinci oleh Toyota. Tapi karena ini, harga jual keduanya mengalami peningkatan. Meski untuk Land Cruiser anyar tak terlalu terdampak karena mesinnya sudah berstandar Euro 4.

Toyota masih menyediakan pilihan diesel bagi konsumen karena masih ada peminatnya. Walau untuk ke depannya kendaraan diesel mungkin akan tergeser oleh kendaraan ramah lingkungan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives