Chicho Lorenzo Yakinkan Alberto Puig: Tak Ada Rencana Michelin ‘Memusuhi’ Honda

RiderTua.com – Chicho Lorenzo kembali membahas balapan di Indonesia terutama masalah yang terjadi antara Honda dan Michelin yang saling melempar kritikan secara khusus.. Seperti biasa hal ini di bahas di saluran YouTube milik Lorenzo senior: Motogepeando. Dengan Manuel Pecino, dia membahas kontroversi antara Honda versus Michelin. Di mana Alberto Puig marah sehubungan dengan alokasi ban dengan model 2018 yang menurutnya tertinggal jauh dari RC213V-nya yang baru dibuat 2022. Chicho Lorenzo meyakinkan Alberto Puig bahwa tidak ada rencana Michelin untuk melawan atau memusuhi Honda… Di MotoGP Argentina Michelin akan memakai ban dari model 2019 (GP Terakhir disana), apakah nanti akan diprotes lagi karena ‘ban lama’?

Chicho Lorenzo Yakinkan Alberto Puig: Tak Ada Rencana Michelin ‘Memusuhi’ Honda

Honda tampaknya menjadi tim yang merugi pada putaran kedua kejuaraan MotoGP yang berlangsung di trek baru Mandalika. Suhu di trek 60° membuat ban yang diuji selama tes pra musim di bulan Februari akan diganti dengan kompon yang telah terbukti kuat dengan kondisi panas yang berasal dari desain 2018. Di mana hal ini menyebabkan Honda mengalami hasil terburuknya, sehingga menyebabkan tuduhan Alberto Puig terhadap Michelin.

Chicho Lorenzo ingin menganalisis kontroversi ini dengan sedikit lebih cermat. Dia mengatakan… “Keputusan Michelin didasarkan pada keselamatan. Keamanan semata-mata dan eksklusif. Mereka memiliki teknologi untuk membuat ban ini dalam waktu yang sangat singkat. Ini adalah keputusan yang sangat radikal untuk menggunakan ban dari (desain) tahun lalu. Tapi tidak banyak pilihan lain. Saya pikir mereka melakukan hal yang benar.”

Chicho melanjutkan, “Ban ini (model 2018) digunakan di trek kering, di Thailand selama balapan. Dan ban ini bertahan sampai akhir, itulah alasan utama Michelin mendatangkan ban model baru tapi lama ini.. Tidak banyak solusi lain, ini adalah solusi yang mereka lakukan untuk kasus-kasus ekstrem”

Bukan Konspirasi

“Orang-orang di sini berbicara seolah-olah itu adalah keputusan yang direncanakan untuk mengganggu beberapa pembalap, seolah-olah itu adalah konspirasi.. Saya pikir Michelin telah menyatukan semua produsen untuk mengatakan, ‘Tuan-tuan, kita memiliki masalah ini. Apa yang kita lakukan ? Bagaimana kita bisa memecahkan masalah ini?’ Saya pikir mereka melakukan hal yang benar,” kata Chicho.

Berdasarkan peraturan, sebelum balapan pertama tahun ini, Michelin harus memberikan daftar semua ban yang akan mereka gunakan untuk seluruh musim kepada semua pabrikan. Namun, ada plot seperti Mandalika di mana tidak ada data sebelumnya untuk dikerjakan…

“Karena itu berjalan baik untuk beberapa orang dan buruk bagi yang lain, di situlah kontroversi muncul.. Mereka dituduh tetapi Michelin harus menyajikan balapan yang membuat semua orang senang, dan dengan ban yang datang ke akhir balapan, yang sama sekali tidak mudah.. Tidak ada keputusan buruk di sana. Dengan semua pengalaman yang mereka miliki, mereka membuat keputusan terbaik di dunia. Setelah itu, seperti yang dilakukan beberapa orang dengan baik dan yang lain melakukannya dengan buruk…,” kata Chicho Lorenzo.Jack Miller- MotoGP Argentina

GP Argentina Memakai Ban 2019

Chicho Lorenzo mengatakan bahwa akhir pekan ini di Argentina, Michelin akan membawa ban 2019.. Tentang alokasi ban di Argentina, Michelin berkomentar: “Tahun ini kami akan memiliki kelonggaran yang serupa dengan yang digunakan pada 2019, tetapi ban akan memiliki beberapa evolusi dalam hal karkas dan kompon untuk menahan kondisi lintasan yang sulit.”

Strategi Michelin untuk Argentina akan serupa..  membawa ban baru dan yang sama dengan yang mereka gunakan di balapan 2019 … “Kemudian kita akan melihat bahwa satu-satunya variabel adalah keadaan aspal, kita akan lihat apakah selama dua tahun ini akan bervariasi. Pada prinsipnya, itu aspal yang bagus saat itu. Yang benar adalah sirkuit Argentina mengejutkan saya, itu pada level yang terbaik, tidak ada yang bisa disalahkan pada mereka. Diasumsikan bahwa mereka sudah tahu perusahaan yang mengaspal, dan diasumsikan bahwa aspal baru akan memiliki kualitas yang sama atau lebih baik dari yang sudah kami miliki,” pungkas Chicho Lorenzo pada media Motosan.

 

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives