Categories: MotoGP

Berpacu dengan Waktu: Kargo Jam 4 Pagi Baru Tiba di Paddock Sirkuit?

RiderTua.com – Berpacu dengan waktu: Dari bandara Tucuman (2,5 jam perjalanan ke sirkuit), kargo diperkirakan jam 4 pagi baru tiba di sirkuit / paddock?. Sementara latihan bebas pertama atau FP1 dimulai pukul 12 waktu setempat.. Pada hari Jumat, ratusan kru tim MotoGP yang berada di paddock Autodromo Termas de Río Hondo melacak jalur penerbangan kargo jumbo Boeing 747-222B yang tertunda, yang sedang dalam perjalanan dari Lombok ke Tucuman. Pesawat yang berangkat hari Jumat pada awal Waktu Musim Panas Eropa Tengah, menurut aplikasi ‘Flightradar24’ mendarat di Lagos di Ghana-Afrika.

Karena kondisi darurat ini tim yang terdampak (Red Bull KTM, Tech3 KTM, Ducati Lenovo, Mooney VR46 Ducati, Red Bull KTM Ajo dan Gresini Racing) mungkin hanya menyiapkan satu motor per pembalap untuk FP1. Untuk alasan solidaritas, tim yang tidak terlalu terpengaruh mungkin harus juga setuju untuk tidak menggunakan motor kedua.

Berpacu dengan Waktu: Kargo Jam 4 Pagi Tiba di Paddock?

Terlambat 2 hari, pesawat kargo jumbo itu telah diperbaiki dan mendarat di Tucuman pukul 21:07 waktu setempat. Pesawat itu sebenarnya diharapkan tiba di Tucuman pada hari Rabu, tetapi terdampar di Mombasa (Kenya) karena kerusakan mesin. Suku cadang pesawat yang sangat dibutuhkan langsung diterbangkan dari London dan Timur Tengah ke Mombasa tempat kerusakan diperbaiki. Kemudian penerbangan bisa dilanjutkan.

Dari Lagos, Cargo-Boeing 747-222B masih harus menempuh 8.300 km menuju bandara di Tucuman yang berjarak sekitar 120 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan dengan truk dari Las Termas. Sulit untuk memperkirakan berapa jam yang diperlukan untuk bongkar muat sekitar 100.000 kg barang ke truk. Namun menurut informasi terakhir, boks-boks itu harus diturunkan di paddock mulai pukul 4 pagi (waktu setempat di Las Termas). Namun, beberapa bos tim menganggap ini sebagai penilaian situasi yang sangat optimis.

Sebelum jam 5 sore CEST, banyak pengamat terkejut ketika penerbangan kargo dengan pengenal BSC4042 menghilang dari radar penerbangan. Itu berarti apa saja bisa terjadi. Apakah transponder rusak, transponder dimatikan, diculik atau bahkan jatuh.

Tetapi mereka yang akrab dengan peristiwa seperti itu segera memberikan konfirmasi dengan jelas, “Hanya ada beberapa stasiun pelacakan di Atlantik Selatan. Oleh karena itu, penerbangan untuk sementara dihentikan.”

Bahkan, Boeing segera muncul kembali saat pesawat mendekati pantai Brasil. Pukul 19:06 CEST pesawat mendarat di Salvador/Brasil untuk pemberhentian pengisian bahan bakar terakhir. Pesawat itu seharusnya tiba di Tucuman setelah lima jam penerbangan lagi. Waktu kedatangan pukul 21:07 sekarang telah dihitung.

Solidaritas

Bahkan jika peti kargo tiba di paddock pada pukul 4 pagi, itu artinya tim MotoGP harus berpacu melawan waktu untuk menyiapkan semuanya. Karena bos tim Tech3-KTM Herve Poncharal mengharapkan 12 jam kerja. Namun, sesi latihan pertama MotoGP dimulai pukul 12.35 waktu setempat. Oleh karena itu, tim hanya ingin menyiapkan satu motor per pembalap untuk FP1.

Untuk alasan solidaritas, tim yang tidak terlalu terpengaruh mungkin harus setuju untuk tidak menggunakan mesin pengganti.

Sementara itu, penyebab keterlambatan kargo dari Indonesia juga semakin jelas. Material dari GP Mandalika akan diangkut ke Tucuman dengan bantuan lima pesawat. Namun, sebuah pesawat kargo bermesin empat mogok pada penerbangan keluar di Mombasa/Kenya karena salah satu dari empat mesin mengalami kerusakan serius.

Namun karena sanksi terhadap Federasi Rusia, tidak bisa menemukan pesawat cadangan. “20 persen pesawat kargo yang kami sewa adalah milik perusahaan Rusia,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta kemarin di Las Termas.

Jadi pesawat lain, yang sudah membongkar muatannya di Argentina, dikirim kembali ke Lombok untuk mengambil peti kargo yang tersisa. Tapi dari semua hal, kargo jumbo ini juga dikandangkan pada saat kedatangan dari Asia Tenggara di Mombasa dengan kerusakan mesin. Perbaikan memakan waktu lebih dari 2 hari karena tidak adanya suku cadang.

Sekarang jelas, pesawat jumbo cadangan yang telah lama ditunggu-tunggu akan mendarat di Tucuman malam ini setelah tertunda 2 hari.

Daftar Peti kargo yang Tertunda:

• Ducati Lenovo: 10 kotak
• Mooney VR46 MGP: Semua kargo
• MotoGP Gresini: Semua kargo
• WithU Yamaha RNF: 2 kotak
• Negishi: 4 kotak
• Mesin Yamaha: 3 kotak
• Monster Yamaha MotoGP: 7 kotak
• MotoGP KTM Tech3: 2 kotak
• Pabrik KTM Red Bull: 7 kotak
• Suzuki Ecstar: 2 kotak
• Gresini Moto2: Seluruh kargo
• ELF Marc VDS: 9 kotak
• Red Bull KTM Ajo: Seluruh kargo dengan Pengecualian satu peti
• Mooney VR46 Moto2: 9 peti
• Yamaha VR46 Mastercamp: 1 peti
• Leopard Honda Moto3: Seluruh kargo
• Avintia Moto3: 1 kotak

Selain itu, mayoritas outfitters (baju) dipengaruhi oleh kurangnya pengiriman, termasuk pemasok ban MotoGP Michelin. Mereka diinformasikan langsung melalui penyedia layanan logistik DHL dan Impeco.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024

Marco Bezzecchi : Kami Belum Mencetak Satu Poin Pun di Sprint Race

RiderTua.com - Dari 3 sprint pertama musim 2024, duo rider VR46 Marco Bezzecchi dan Fabio di Giannantonio belum mencetak satu…

25 April 2024

Mengenai Citroen e-C3 yang Mendapat Nol Bintang Dari Global NCAP

RiderTua.com -Citroen memang sudah dikenal dengan line-up mobilnya yang berkualitas, tapi dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan ini juga berlaku…

25 April 2024