Andrea Dovizioso: Gaya Balap Yamaha Spesial, Bertolak Belakang dengan Ducati

RiderTua.com – Andrea Dovizioso: Gaya balap Yamaha spesial, motor Yamaha bisa di ajak berakselerasi ditengah tikungan, sementara itu adalah ‘penyakit’ Ducati… “Franco tidak terlalu meluruskan motor di fase traksi, dia berakselerasi di tengah tikungan. Tapi begitulah yang harus kita lakukan karena motornya sangat kuat tepat di tengah tikungan (bertolak belakang dengan Ducati),” kata Dovi.. Setelah 8 tahun di Ducati dan 9 hari penguji Aprilia RS-GP, pembalap MotoGP berusia 36 tahun itu kembali ke Yamaha M1 untuk pertama kalinya pada September 2021. Pada 2012 saat masih di Tech3 Yamaha, Dovi berada di peringkat 4 di Kejuaraan Dunia. Namun, pemenang MotoGP 15 kali dan 3 kali runner-up itu masih kesulitan setelah pindah ke pabrikan Jepang itu. Pembalap WithU Yamaha RNF itu masih harus memperbaiki gaya balapnya di Yamaha.

Andrea Dovizioso: Gaya Balap Yamaha Spesial

Ini menjadi sangat jelas ketika Dovizioso berada tepat di belakang rekan mereknya Franco Morbidelli, yang telah membalap untuk Yamaha sejak 2019 dan menjadi runner-up pada 2020. “Sulit dipercaya bagaimana pembalap Yamaha harus membalap untuk menjadi cepat. Melihat dengan tepat apa yang dilakukan pembalap lain di depan saya, jauh lebih membantu ketimbang banyak tes lainnya,” ungkap Dovi.Andrea Dovizioso: Gaya Balap Yamaha Spesial, Bertolak Belakang dengan Ducati

Lantas, gaya balap seperti apa yang dibutuhkan Yamaha? “Sulit untuk dijelaskan, tetapi itu benar-benar perbedaan yang besar. Dan itu menegaskan pandangan saya tentang karakteristik motor ini. Mereka yang sudah terbiasa dengan karakteristik ini, normal bagi mereka untuk mengendalikan motor dengan cara ini. Sangat istimewa untuk mengendarai motor MotoGP seperti itu,” kata Dovi.

Dovizioso menambahkan, “Misalnya Franco tidak terlalu meluruskan motor di fase traksi, dia hanya berakselerasi di tengah tikungan. Tapi begitulah yang harus kita lakukan karena motornya sangat kuat tepat di tengah tikungan (bertolak belakang dengan ciri khas Ducati – Desmo). Pada saat yang sama, kita harus mencoba untuk tidak menggunakan tikungan keluar untuk menjadi cepat, karena kita tidak memiliki kesempatan untuk berakselerasi. Kita harus menggunakan aspek lain. Tapi sangat istimewa untuk mengendarai seperti ini. Ini gaya yang berlawanan dan tidak mudah untuk mengubah apa yang ada di kepala kita.”

Menurut Morbidelli?

Apakah gaya balap Yamaha benar-benar istimewa? Ketika ditanya tentang pernyataan Dovi di atas, Morbidelli menjawab, “Gaya balap tidak tampak istimewa bagi saya karena itu hanya gaya saya. Itu adalah gaya yang saya terapkan pada motor ini sejak 2019. Mungkin terlihat sedikit spesial bagi Dovi, karena dia terbiasa dengan gaya balap yang berbeda.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives