Alberto Puig: Generasi Pedrosa, Stoner atau Lorenzo Lebih Baik dari Generasi Sekarang!

RiderTua.com – Alberto Puig: Generasi Pedrosa, Stoner atau Lorenzo lebih baik dari generasi sekarang!… Kehidupan manajer Repsol Honda itu selalu berkaitan dengan motor. Dia memulai karir sebagai pembalap, tetapi pada pertengahan 1990-an dia terpaksa gantung helm. Sejak itu, Puig mengembangkan pekerjaannya sebagai manajer, kepala tim yang berbeda dan bahkan komentator televisi. Hingga dia mencapai titik di mana dia sekarang sebagai manajer tim Repsol Honda. Dalam sebuah wawancara dengan media Spanyol ‘Solomoto’ pria asal Spanyol itu berbicara tentang karirnya. “Generasi pembalap yang saya tangani secara langsung, baik itu Stoner, Pedrosa atau Lorenzo, jelas lebih baik ketimbang generasi hari ini. Ketiganya memiliki kualitas dan potensi yang luar biasa,” katanya..

Alberto Puig: Generasi Pedrosa, Stoner atau Lorenzo Lebih Baik dari Generasi Sekarang!

Puig bercerita tentang bagaimana dia terus dikaitkan dengan dunia motor setelah pensiun pada 1990-an. “Saya berhenti balapan karena keadaan, tanpa disengaja. Saat itu performa saya cukup baik. Saya berada di 5 besar Kejuaraan Dunia 500cc dan saya juga tidak terlalu tua sekitar 27 atau 28 tahun. Saya mengalami crash parah Le Mans-Prancis, semua terjadi sangat cepat. Tiba-tiba semua mimpi saya berakhir. Saya harus bangkit kembali,” kenangnya.

Alberto Puig menambahkan, “Waktu itu Carmelo Ezpeleta bertanya kepada saya, ‘Apa yang akan kamu lakukan?’ ‘Yah, saya tidak tahu,’ jawab saya. Tetapi saya ingin tetap bekerja dan jika diperbolehkan saya dapat meneruskan apa yang telah saya pelajari, itu akan bagus. ‘Oke, oke,’ katanya kepada saya. Kami menciptakan CEV, Movistar Cup dan sampai hari ini.”

“Saya tampil di TV dan mengkhususkan diri dalam membawa pembalap ke Kejuaraan Dunia. Seperti Dani Pedrosa, Stoner, Elias, dan banyak lainnya. Sebagai manajer, pendamping dan pelatih. Apa saja saya lakukan, tetapi itulah yang telah saya lakoni selama bertahun-tahun. Saya bertugas membantu anak-anak berusia 14 dan 15 tahun yang tidak dapat mandiri. Saya sangat menyukainya,” lanjut Alberto Puig.

Dan betapa hebatnya generasi ‘anak-anak’ yang dibantu Puig untuk mencapai MotoGP. “Dalam hal ini saya tidak suka individualisasi. Saya hanya bisa berkata bahwa, bagi saya, dengan segala hormat terhadap semua pembalap di kejuaraan dunia hari ini, generasi yang saya tangani secara langsung, baik itu Stoner, Pedrosa atau Lorenzo, jelas lebih baik ketimbang generasi hari ini. Titik! Ketiganya memiliki kualitas dan potensi yang luar biasa. Saya mengatakan ini tanpa menghitung Rossi dan Marquez, yang dihasilkan secara spontan,” tegasnya.

Puig adalah manajer pribadi Dani Pedrosa selama bertahun-tahun. Dan berkat itulah, dia menjalin hubungan dengan Honda yang kemudian menempati posisi sebagai manajer tim. “Karena saya sudah menjalin hubungan dengan Honda, saya lebih dari sekadar manajer Dani. Ketika kami selesai dengan Dani, orang-orang dari Honda secara otomatis mengatakan kepada saya bahwa mereka tertarik pada saya untuk menjadi penasihat olahraga untuk HRC. Kemudian pada akhir 2017 mereka menawari saya untuk menjadi manajer tim. Itu tidak menjadi masalah banyak bagi saya, karena itu adalah pekerjaan yang sudah saya lakukan di kelas 125 dan 250 bersama Team Movistar. Saya menerimanya,” kenangnya..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives