Mobil SUV Jadi Andalan Ekspor Toyota Indonesia!

RiderTua.com – Boleh dibilang mobil MPV masih tetap menjadi jenis mobil terlaris di Indonesia. Tapi keadaan sebaliknya terlihat pada hasil ekspor mobil, dimana SUV yang justru paling laris. Seperti hasil ekspor mobil Toyota ke luar negeri yang didominasi oleh model SUV. Model seperti Fortuner hingga Raize menjadi andalan ekspornya sepanjang tahun 2021.

Baca juga: Toyota Tetap akan Produksi Mobil Hybrid di Indonesia Tahun Ini

Ekspor Mobil Toyota Didominasi Oleh SUV

Pasar ekspor masih cukup menjanjikan bagi produsen mobil di Tanah Air, terlebih ketika keadaan pasar dalam negeri masih belum kondusif. Sejumlah negara tujuan ekspor sudah mengalami pemulihan penjualan mobil, meski belum sepenuhnya memulih. Tapi setidaknya itu sudah menjadi hal yang bagus, karena produsen masih bisa mengirim mobil ke negara lain.

Toyota mampu mengekspor hingga sekitar 100 ribu unit mobil sepanjang tahun lalu. Dari hasil tersebut, 90 ribu yang dikirim berupa model SUV, terdiri dari Fortuner, Rush, dan Raize. Sepertinya mobil SUV ladder frame seperti Fortuner sangat disukai oleh konsumen luar negeri, terutama negara Uni Emirat Arab yang menjadi pasar utamanya.

(Medcom.id)

SUV Makin Laris

Sementara untuk model MPV yang terdiri dari Innova, Sienta, Avanza, dan Town-Lite Ace (kembarannya Gran Max), hanya ada 36 ribu unit yang diekspor. Hasil ini lebih kecil dari mobil SUV, mengingat trennya masih tumbuh dengan pesat. Sedangkan untuk jenis mobil lainnya seperti hatchback, sedan, dan LCGC menyumbang 62 ribu unit.

Toyota sudah cukup puas dengan hasil ekspor yang didapatnya selama ini. Mereka juga sangat senang karena mobil hasil rakitan lokal di Indonesia masih disambut baik oleh konsumen. Walaupun ditengah situasi yang masih kurang menentu, penjualan SUV masih cukup bagus hingga kini.

Ke depannya, Toyota akan memaksimalkan produksi mobilnya untuk pasar domestik dan ekspor. Mereka juga menghadirkan lebih banyak produk baru di Indonesia, salah satunya Land Cruiser 300.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives