Toyota Tetap akan Produksi Mobil Hybrid di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com – Era elektrifikasi di Indonesia masih berjalan lambat, tapi mulai tahun ini ditargetkan akan segera diakselerasi. Berhubung makin banyak produsen mobil yang terus menghadirkan lebih banyak mobil ramah lingkungan. Bahkan Toyota sudah berniat untuk memproduksi mobil hybrid secara lokal mulai tahun ini. Mereka takkan mengundur-undur lagi demi bisa memperkuat kedudukannya di pasar mobil hibrida.

Baca juga: Toyota Siap Boyong bZ4X ke Asia Tenggara!

Rencana Produksi Mobil Hybrid Toyota di Indonesia Tetap Dijalankan

Sejauh ini belum ada produsen mobil di Tanah Air yang memproduksi mobil ramah lingkungan secara lokal. Sebenarnya sudah ada yang melakukannya, yaitu DFSK dengan Gelora E yang menjadi minibus EV pertama di Indonesia. Itupun kendaraan listrik murni, sedangkan mobil hybrid belum ada yang dirakit lokal.

Oleh karena itu, Toyota mulai memanfaatkan kesempatan ini untuk segera memulai produksi mobil hibridanya mulai tahun ini. Mereka takkan mengundur-undur jadwal produksinya walau diterpa oleh krisis chip semi-konduktor maupun kondisi pasar saat ini. Rencananya, mobil hybrid hasil rakitannya akan dijual ke pasar domestik maupun ekspor.

(Toyota Astra Motor)

Makin Laris

Untuk modelnya sendiri masih belum jelas, tapi ada kemungkinan Sienta Hybrid yang bakal diproduksi lebih dulu. Sebab beberapa bulan lalu sempat dikabarkan kalau Toyota diam-diam mengembangkan model yang satu ini. Tapi siapa tahu Toyota juga ingin memproduksi model selain Sienta Hybrid, karena masih ada banyak model hibrida yang dimilikinya.

Salah satunya Corolla Cross Hybrid yang menjadi mobil hibrida terlaris di Tanah Air pada tahun lalu, dengan penjualan lebih dari 1.000 unit. Namun sepertinya Toyota masih ingin mendatangkannya dari Thailand, terlebih harganya masih cukup terjangkau untuk ukuran CUV. Selain Corolla Cross Hybrid, ada juga varian hibrida untuk Alphard, C-HR, sampai Camry.

Untuk saat ini Toyota masih terus mempersiapkan diri untuk memproduksi mobil hybrid pertamanya di Indonesia. Tentu saja mereka harus berpacu dengan waktu sebelum produsen lainnya mulai menyusul.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives