Honda: Mugen Siap Tempur di Balap Trail Listrik

RiderTua.com – Mugen sudah lama dikenal sebagai divisi sport dari Honda. Baru-baru ini Mugen mengumumkan persiapannya untuk mengikuti ajang balap seri FIM E-Xplorer World Cup. Honda akan berlomba dibawah nama M-TEC dalam seri ini dengan sepeda motor trail bertenaga listriknya. Motor bernama Mugen E.Rex ini disiapkan untuk balapan tersebut.

Baca juga:  Honda civic hatchback mugen makin sporty 

M-TEC akan Berlomba Dengan Motor Trail Bertenaga Listrik

Walau dikenal sebagai divisi tuning sporty dari Honda, ternyata Mugen sudah lama tak mengikuti ajang balap sejak tahun 2019 lalu. Saat itu Honda berencana untuk mengikuti balap motor listrik Isle of Man TT dengan superbike listrik Shinden. Sayangnya pihak penyelenggara membatalkan ajang tersebut.

Padahal motor listrik Shinden ini sangat dikenal dalam ajang balap motor tersebut. Karena model Shinden inilah yang membawa Honda Mugen mencatatkan kemenangan non-stop mereka di Isle of Man TT. Setelah sukses dengan superbike EV ini, Honda Mugen mengembangkan motor trail bertenaga listrik, yang mengejutkan banyak orang setelah debut perdananya.

Motor Trail EV

Model ini dikenal sebagai E.Rex, dan dari tampilannya saja sudah membuatnya terlihat kompeten dan seakan siap dibawa ke lintasan balap. Yang menarik disini yaitu Honda ‘meminjam’ basis ini untuk diterapkan sebagai model konsep Honda CR Electric. Perpaduan antara desain Honda dan Mugen nampak begitu kental dari desainnya, menampakkan kesan agresif saat melintasi jalur MX.

Mungkin kita akan melihat motor E.Rex ini beraksi di lintasan off-road dalam waktu dekat. Sebab ajang balap FIM E-Xplorer World Cup dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun ini, dengan Mugen sebagai pabrikan resmi untuk seri tersebut.

Walau sebenarnya jadwal dan lokasi untuk FIM E-Xplorer World Cup ini belum diumumkan. Informasi sejauh ini menyebut kalau kompetisi tersebut akan dilakukan di daerah urban dengan ‘outdoor terrain’, serta 10 tim yang terbagi menjadi dua, berisi pembalap pria maupun wanita. Disebut sebagai ‘perpaduan antara Formula E dengan Trials dan Cyclocross’, kompetisi ini diharapkan menampilkan aksi dari kendaraan listrik di lintasan off-road, juga mengikutkan perusahaan besar seperti Mugen.

Satoshi Katsumata selaku Managing Director of M-TEC mengaku sangat senang Mugen sudah terdaftar sebagai produsen resmi dalam ajang balap ini. Mereka yakin FIM E-Xplorer World Cup ini akan menjadi tempat terbaik bagi mereka untuk menerapkan pengetahuan mereka yang didapat sebelumnya di Isle of Man TT di kelas EV-Bike atau Zero-Class. Lewat E.Rex, Honda Mugen akan menantang mereka untuk berkembang lebih jauh lagi.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives