Categories: MotoGP

Persiapan Logistik MotoGP: 160 Truk, 900 Box!

RiderTua.com – Bagaimana persiapan logistik tim MotoGP jelang balapan?… Dengan 21 balapan (yang direncanakan), musim 2022 akan menjadi yang terpanjang dalam sejarah MotoGP. Agar masing-masing dari 21 balapan akhir pekan ini berjalan dengan lancar, persiapan besar harus dilakukan di balik layar. Tim Tech3 yang terjun di kelas Moto3 dan MotoGP dan di MotoE, mengungkapkan tentang persiapan yang dilakukan sebelum roda pertama berputar di trek pada Jumat pagi. Untuk balapan seri Eropa, tim melakukan perjalanan dengan truk milik sendiri dengan total 160 truk. Untuk balapan di Asia atau luar Eropa sebanyak 600 kotak kontainer khusus tim MotoGP, ditambah 300 container khusus untuk Dorna diterbangkan dengan 3 pesawat kargo..

Bagaimana Persiapan Logistik Tim MotoGP Jelang Balapan?

Di Eropa, tim melakukan perjalanan dengan truk milik sendiri, di mana mereka mengangkut motor dan peralatan balap dari satu balapan ke balapan berikutnya. Konvoi MotoGP terdiri dari total 160 truk, yang membutuhkan banyak kejelian untuk ditempatkan di paddock. IRTA menentukan lokasi truk, 2 bulan sebelum kedatangan di sirkuit dan mengirimkannya ke tim.

Hospitality Aprilia

Persiapan untuk balapan akhir pekan dimulai pada hari Senin dengan area hospitality. Pada Selasa sore, truk balap MotoGP akan memiliki akses ke paddock, anggota tim mulai membongkar kotak peralatan. Kendaraan tim Moto2 dan Moto3 akan menjadi yang terakhir memasuki paddock pada Rabu pagi.

Pada hari Rabu, kru akan menyiapkan garasi dan kemudian mengerjakan motor hingga Kamis. Kamis juga dianggap sebagai ‘Hari Media’, di mana para jurnalis dapat mewawancarai para pembalap sebelum aksi balap dimulai pada hari Jumat. Setelah semua truk diparkir, kotak-kotak disiapkan dan ruang hospitality disiapkan, padang rumput seluas sekitar 40.000 meter persegi ini menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Pada balapan akhir pekan, mereka mengkonsumsi lebih banyak listrik ketimbang seluruh desa dan merupakan rumah bagi lebih dari 2000 karyawan, termasuk pembalap, anggota tim, jurnalis, dan karyawan Dorna.

Balapan Luar Eropa

Balapan di luar Eropa yang akan ada 8 seri di 2022, menghadirkan tantangan khusus. Untuk persiapan perjalanan, semua motor, peralatan pit, suku cadang dan peralatan pembalap dikemas dalam kotak kontainer khusus.

Sebanyak 600 dari flight cases (kotak) ini digunakan oleh tim MotoGP, ditambah 200 hingga 300 cases dari Dorna. Bersama dengan kotak berbobot 320 ton dan dimuat ke 3 pesawat kargo, salah satunya ditujukan untuk MotoGP, satu untuk Moto2 atau Moto3 dan satu untuk Dorna.

Pesawat kemudian mengangkut peralatan ke negara tempat event balap digelar. Setelah mendarat, kargo segera dibawa ke trek balap dengan truk, di mana truk ini kemudian diparkir dan ditinggalkan untuk dibongkar oleh tim.

Setelah balapan, semuanya dimuat kembali ke dalam kontainer dan diangkut ke bandara sebelum diterbangkan dengan pesawat kargo ke balapan luar Eropa berikutnya atau pulang ke Eropa.

Tags: motogp
Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024