Persiapan Logistik MotoGP: 160 Truk, 900 Box!

RiderTua.com – Bagaimana persiapan logistik tim MotoGP jelang balapan?… Dengan 21 balapan (yang direncanakan), musim 2022 akan menjadi yang terpanjang dalam sejarah MotoGP. Agar masing-masing dari 21 balapan akhir pekan ini berjalan dengan lancar, persiapan besar harus dilakukan di balik layar. Tim Tech3 yang terjun di kelas Moto3 dan MotoGP dan di MotoE, mengungkapkan tentang persiapan yang dilakukan sebelum roda pertama berputar di trek pada Jumat pagi. Untuk balapan seri Eropa, tim melakukan perjalanan dengan truk milik sendiri dengan total 160 truk. Untuk balapan di Asia atau luar Eropa sebanyak 600 kotak kontainer khusus tim MotoGP, ditambah 300 container khusus untuk Dorna diterbangkan dengan 3 pesawat kargo..

Bagaimana Persiapan Logistik Tim MotoGP Jelang Balapan?

Di Eropa, tim melakukan perjalanan dengan truk milik sendiri, di mana mereka mengangkut motor dan peralatan balap dari satu balapan ke balapan berikutnya. Konvoi MotoGP terdiri dari total 160 truk, yang membutuhkan banyak kejelian untuk ditempatkan di paddock. IRTA menentukan lokasi truk, 2 bulan sebelum kedatangan di sirkuit dan mengirimkannya ke tim.

Hospitality Aprilia

Persiapan untuk balapan akhir pekan dimulai pada hari Senin dengan area hospitality. Pada Selasa sore, truk balap MotoGP akan memiliki akses ke paddock, anggota tim mulai membongkar kotak peralatan. Kendaraan tim Moto2 dan Moto3 akan menjadi yang terakhir memasuki paddock pada Rabu pagi.

Pada hari Rabu, kru akan menyiapkan garasi dan kemudian mengerjakan motor hingga Kamis. Kamis juga dianggap sebagai ‘Hari Media’, di mana para jurnalis dapat mewawancarai para pembalap sebelum aksi balap dimulai pada hari Jumat. Setelah semua truk diparkir, kotak-kotak disiapkan dan ruang hospitality¬†disiapkan, padang rumput seluas sekitar 40.000 meter persegi ini menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Pada balapan akhir pekan, mereka mengkonsumsi lebih banyak listrik ketimbang seluruh desa dan merupakan rumah bagi lebih dari 2000 karyawan, termasuk pembalap, anggota tim, jurnalis, dan karyawan Dorna.

Alasan Unik Kenapa MotoGP Indonesia Digelar Sebelum GP Malaysia

Balapan Luar Eropa

Balapan di luar Eropa yang akan ada 8 seri di 2022, menghadirkan tantangan khusus. Untuk persiapan perjalanan, semua motor, peralatan pit, suku cadang dan peralatan pembalap dikemas dalam kotak kontainer khusus.

Sebanyak 600 dari flight cases (kotak) ini digunakan oleh tim MotoGP, ditambah 200 hingga 300 cases dari Dorna. Bersama dengan kotak berbobot 320 ton dan dimuat ke 3 pesawat kargo, salah satunya ditujukan untuk MotoGP, satu untuk Moto2 atau Moto3 dan satu untuk Dorna.

Pesawat kemudian mengangkut peralatan ke negara tempat event balap digelar. Setelah mendarat, kargo segera dibawa ke trek balap dengan truk, di mana truk ini kemudian diparkir dan ditinggalkan untuk dibongkar oleh tim.

Setelah balapan, semuanya dimuat kembali ke dalam kontainer dan diangkut ke bandara sebelum diterbangkan dengan pesawat kargo ke balapan luar Eropa berikutnya atau pulang ke Eropa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page