Categories: MotoGP

Jack Miller Yakin MotoGP Akan Digelar di The Bend

RiderTua.com – Jack Miller yakin sirkuit The Bend akan menggelar balapan MotoGP… Terletak sekitar 100 km dari kota Adelaide, The Bend adalah sebuah trek balap yang bagus. Sirkuit ini menawarkan 8 konfigurasi trek, dimana trek terpanjangnya bisa mencapai 7,77 km (untuk balapan endurance atau ketahanan). Dan dengan demikian, ini merupakan trek terpanjang kedua di dunia setelah Nurburgring-Jerman. Sirkuit Internasional ini bisa digunakan untuk menggelar event besar seperti MotoGP, World Superbike dan Formula 1, dengan panjang 4,95 km dan memiliki 18 tikungan. Pada awal Desember lalu, ‘The Bend Motorsport Park’ menarik perhatian penggemar MotoGP karena pembalap ‘akamsi’ Jack Miller menjadi bintang tamu di Kejuaraan Dunia Superbike Australia di sana. Sementara CEO Dorna Carmelo Ezpeleta pernah mengunjungi trek itu 3 tahun lalu.

Jack Miller Yakin The Bend akan Menggelar Balapan MotoGP

Sam Shahin selaku Managing Director ‘The Bend Motorsport Park’ memiliki sebuah mimpi besar. Dia ingin menjadi tuan rumah, seri balap motorsport paling bergengsi di sirkuit canggih ini yang terletak di Talem Bend dekat Adelaide. “The Bend harus menjadi sirkuit kelas dunia, kami ingin menyelenggarakan event motorsport dengan standar dan kaliber tertinggi,” ujar Sam yakin.

Akankah The Bend Motorsport Park-Australia Menggelar Balap MotoGP?

Mulai dari 10 hingga 12 Januari 2020, balapan untuk otomotif Asian Le Mans Series berlangsung di Talem Bend (bend juga berarti tikungan dalam bahasa Inggris). Dengan adanya Idemitsu Asia Talent Cup, Dorna juga ingin menggelar seri balap motor internasional untuk pertama kalinya pada 9 dan 10 Mei 2020 di sirkuit The Bend, namun merebaknya krisis kesehatan menggagalkan rencana tersebut.

Penampilan bintang tamu Jack Miller di Kejuaraan Superbike Australia (ASBK) yang digelar mulai dari 3 hingga 5 Desember 2021 menarik banyak perhatian banyak pengunjung. “Ini adalah fasilitas yang fantastis dan senang melihat sesuatu seperti ini di Australia,” puji rider Ducati yang baru pertama kali berada di sana. Dia bisa membayangkan The Bend sebagai lokasi balapan MotoGP.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengunjungi The Bend bersama putranya Carlos pada Oktober 2019, sebelum GP Phillip Island. Dia sangat antusias dengan tata letak trek dan infrastrukturnya. Dan dia mengatakan, “Australia adalah negara penting untuk olahraga balap motor. Kejuaraan Dunia MotoGP telah ada sejak tahun 1989, dan Australia telah menghasilkan juara dunia seperti Gardner, Doohan dan Stoner.”

Akankah The Bend Motorsport Park-Australia Menggelar Balap MotoGP?

Selain itu The Bend juga menawarkan trek karting dan sirkuit stadion, Adventure Park 4WD untuk penggemar off-road, fasilitas reli dan off-road, dragway, vila trackside, dan business park.

Pada November 2019, fasilitas di Australia Selatan ini bahkan memenangkan penghargaan bergengsi ‘Motorsport Facility of the Year Award’. Ini adalah bagian dari Penghargaan ‘Expo Dunia Motorsport Profesional (PMW)’. Berita ini diumumkan pada jamuan makan malam ‘PMW Expo Awards Ceremony’ di Cologne fair.

Sulit untuk mengatakan, apakah The Bend juga akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1 dan MotoGP di masa mendatang, atau setidaknya Kejuaraan Dunia Superbike? Liberty Media memiliki kontrak dengan promotor F1 GP Albert Park di Melbourne hingga dan termasuk tahun 2025. MotoGP terikat kontrak dengan Phillip Island hingga 2026.

Namun kontrak jangka panjang adalah satu hal lain dan homologasi Grade A FIM adalah hal yang berbeda. Sejak GP Silverstone dibatalkan pada 2018, hanya diterbitkan untuk musim mendatang.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024