Danilo Petrucci Alami Cedera Pergelangan Kaki Kanan

RiderTua.com – Cedera adalah hal yang paling menakutkan bagi pembalap terutama cedera parah yang mengharuskan absen dari balapan.. Saat ini, Danilo Petrucci alami cedera pergelangan kaki kanan… Mantan pembalap MotoGP Danilo Petrucci bergabung dengan KTM Factory Racing Rally Team di Reli Dakar tepatnya pada 1 Januari 2022. Sebelum GP Algarve-Portimao pada 7 November lalu, rider asal Italia itu telah berlatih dengan KTM 450 RALLY untuk pertama kalinya di Dubai dan kembali dari sesi latihan gurun lainnya pada 10 Desember. Tapi sayang, Petrucci harus menghentikan tes Dakar di Arab Saudi lebih awal karena mengalami patah tulang di fibula kanannya. Meskipun hal ini tidak menghalangi debutnya yang akan dimulai pada 1 Januari mendatang..

Danilo Petrucci Alami Cedera Pergelangan Kaki Kanan

Petrux mengungkapkan alasan, kenapa dia pulang lebih awal dari Arab Saudi ke Italia dalam sebuah wawancara eksklusif. “Saya harus pulang karena pergelangan kaki kanan saya cedera. Itu menyakitkan, tapi itu tidak akan membahayakan partisipasi saya di Dakar. Fraktur kecil itu tidak akan mengganggu debut saya di Dakar. Sejauh ini saya tidak joging terlebih dulu, tetapi saya bersepeda di atas roller dan dapat melanjutkan latihan kebugaran saya di rumah tanpa hambatan,” ujar pembalap berusia 31 tahun itu.

Danilo Petrucci menegaskan, “Cedera itu terjadi tanpa crash. Saya berkendara di tengah bukit pasir dan berjalan perlahan karena saya ‘di luar lintasan’, yaitu di pasir yang dalam. Ada sedikit gundukan, lalu saya melihat dengan jelas kelanjutan jalurnya lagi. Tapi setelah benturan kecil, ada lubang yang sangat dalam dan motor saya menabrak dengan keras saat mendarat.”

“Saat kejadian, saya terlalu banyak memfokuskan kekuatan pada pijakan kaki, dan tekanan berat ini menyebabkan patah tulang kecil di area fibula kanan dan tulang pergelangan kaki. Untungnya, bisa pulih dengan beristirahat oleh karena itu tidak diperlukan pembedahan. Saya harus menjaga pergelangan kaki saya tetap bergerak, tetapi saya tidak boleh terlalu membebaninya. Itu sebabnya saya tidak joging. Tapi saya bisa melakukan latihan biasa di pusat kebugaran.”

Reli Dakar berjalan lebih dari 8.000 km, prolog berlangsung pada 1 Januari dan tahap pertama pada hari berikutnya. Danilo Petrucci terbang kembali ke Arab Saudi pada 27 Desember.

Sementara beberapa rekannya tumbuh di padang pasir dan selalu menghabiskan banyak waktu berlatih dengan motor mereka di bukit pasir, Petrucci hanya mampu mempersiapkan diri untuk Reli Dakar, usai berakhirnya musim MotoGP di Valencia pada 14 November. “Dalam 2 tes gurun, saya berkendara total sekitar 12 hari di padang pasir,” ujar rider asal Terni-Italia itu.

“Tetapi saya harus mengatakan bahwa semua pembalap dari tim Pierer Mobility AG sangat baik kepada saya. Mereka telah banyak membantu saya. Saya mengajukan banyak pertanyaan kepada mereka dan untungnya mereka memberi saya banyak nasihat berharga. Kami juga membagikan semua informasi di road book. Saya beruntung memiliki rekan satu tim yang baik.”

Di kedua tes Dakar, Petrucci menghadapi semua bintang dari KTM, Husqvarna dan GASGAS, di antaranya Toby Price (pemenang 2016 dan 2019), Sam Sunderland (2017), Matthias Walkner (2018) dan Kevin Benavides (2021). Mereka adalah 4 pemenang reli Dakar.

Petrux menambahkan, “Lingkungan di reli sangat berbeda dengan kondisi di MotoGP. Di Arab Saudi kami berkendara ke hotel bersama, kami selalu makan malam bersama. Rekan-rekan saya juga mengajukan banyak pertanyaan tentang MotoGP. Ini adalah suasana yang sangat bagus.”

“Saya memiliki hubungan yang baik dengan semua pembalap kami. Matthias Walkner bahkan mencoba motor saya. Saya suka reli. Dan saya pasti ingin mengikuti reli Dakar untuk kedua kalinya pada tahun 2022. Dengan persiapan yang lebih baik, lebih banyak latihan di motor reli dan bahkan lebih baik juga ambil bagian dalam reli Maroko,” pungkas Petrucci.

Red Bull KTM Factory Rally Team
Harga Toby
Kevin Benavides
Matthias Walkner

Husqvarna Factory Rally Team
Luciano Benavides
Skyler Howles

GASGAS Factory Rally Team
Sam Sunderland
Daniel Sanders

KTM Tech3 Factory Rally Team
Danilo Petrucci

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page