Mike Leitner Hanya Sebagai Konsultan KTM

RiderTua.com – Ketika Mike Leitner (mantan pembalap 125cc) datang ke KTM, mereka tidak ada pengetahuan tentang MotoGP 1000cc.  Pada 2014 atau tepatnya 7 tahun lalu, Mike Leitner mulai membangun proyek MotoGP di KTM Factory Racing di bawah pengawasan Direktur Motorsport Pit Beirer dan tim teknis yang ada. Pada Oktober 2015, peluncuran pertama mesin 1000 cc V4 yang disebut KTM RC16 berlangsung di Spielberg. Kini, peran Mike Leitner sebagai Race Manager di KTM akan diambil alih oleh mantan manajer tim Pramac Francesco Guidotti. Leitner menungkapkan latar belakang pemberhentiannya dan berbicara tentang aktivitas barunya.

Mike Leitner Hanya Sebagai Konsultan KTM

Francesco Guidotti kini hanya dipekerjakan sebagai manajer tim untuk tim Red Bull bersama Oliveira dan Binder. Mike adalah Race Manager sehingga dia juga bertanggung jawab atas tim satelit Tech3. Mike meneruskan, “Ya, tapi Herve Poncharal tetap memimpin timnya secara mandiri. Francesco bersama tim balap yang ada. Dia tidak perlu mempekerjakan satu orang pun. Jadi dia dalam posisi awal yang baik. Saya tidak khawatir tentang itu.”

Ketika Mike datang ke KTM, tidak ada pengetahuan tentang MotoGP. Sampai saat itu, hanya teknisi seperti Sebastian Risse yang bertanggung jawab atas Moto2. Kecuali Kurt Trieb, yang sudah membangun mesin 990 cc V4 MotoGP untuk KTM pada 2004, tidak ada satu pun teknisi yang menguasai MotoGP. Ada sangat sedikit pengetahuan untuk seri paling bergengsi ini.

Mike menambahkan, “Jika hari ini saya mengenang masa lalu, saya telah membawa 40 hingga 50 teknisi ke KTM selama bertahun-tahun. Setidaknya saya sangat terlibat dalam perekrutan mereka. Bersama Pit Beirer, saya mencari dan melibatkan banyak orang. Saya memiliki kontak yang diperlukan di paddock selama bertahun-tahun yang bekerja di HRC.”

“Pada awal proyek kami, secara kasar bahkan tidak ada kotak peralatan. Tidak ada apa-apa di sana, tidak ada infrastruktur, tidak ada staf.”

“Sekarang ada tim MotoGP berpengalaman dan departemen balap dengan sekitar 150 karyawan, yang mengesankan dan dibuka pada tahun 2018. Dalam 2 tahun pertama tahun 2015 dan 201,6 kami masih menjadi bagian dari departemen pemasaran. Kemudian gedung baru yang besar di Munderfing dibangun. Itulah yang dilakukan Pit Beirer. Sebelum itu, kami tidak punya banyak ruang.”

Tidak ada departemen road racing di pabrik utama di Mattighofen? Mike menjawab, “Tidak, ada ruang kecil untuk kami di Munderfing, tapi terlalu kecil di bagian belakang dan depan. Karena departemen reli, motocross, enduro dan Moto3 juga harus diakomodasi. Perusahaan balap baru kemudian dibangun untuk semua proyek ini. Sekarang semua proyek berada di bawah satu atap, ada cukup ruang. Itu adalah hal yang baik.”

Bagaimana peran baru Mike sebagai konsultan KTM? “Kami akan mendefinisikannya secara lebih rinci. Saya pasti akan datang ke beberapa balapan, di mana saya akan membuka mata dan mengumpulkan kesan saya. Saya akan melihat semuanya dari sudut pandang yang berbeda,” jawabnya.

“Ketika saya melihat sesuatu yang menurut saya dapat ditingkatkan, saya akan membagikan masukan saya dengan Pit Beirer. Stefan Pierer juga mengatakan dia ingin mendengar pendapat saya. Sekarang saya menikmati liburan musim dingin. Kemarin saya bermain ski di Gosau,” pungkas Mike sambil tersenyum.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page