‘Puing-puing’ Tim Petronas Moto3 Menjadi Tim VisionTrack Honda

0

RiderTua.com – Tim besutan Laverty yang berlokasi di Spanyol, menggunakan materi motor dari Petronas moto3 yang sudah bubar… Dan dari sisa-sisa tim Petronas Sprinta Moto3, terbentuklah tim balap baru: VisionTrack Honda Moto3 yang dimiliki oleh mantan pembalap Michael Laverty. Dia akan mengerahkan rider muda asal Inggris Scott Odgen dan Josh Whatley, dan mengambil materi dan staf dari tim Malaysia, (yang dulu diperkuat Darryn Binder dan John McPhee pada tahun 2021). Laverty membeli ‘bahan’ itu dari Petronas dan diboyong ke bengkel baru di Spanyol pada bulan Januari. Michael Laverty adalah kakak dari pembalap superbike Eugene Laverty.

‘Puing-puing’ Tim Petronas Moto3 Menjadi Tim VisionTrack Honda

Setelah Petronas Sprinta mundur dari Kejuaraan Dunia Moto3 dan Moto2 di akhir musim, setidaknya 2 tempat di kelas Moto3 4-tak 250 cc terselamatkan. Pasalnya, mantan pembalap asal Inggris Michael Laverty mengambil alih 2 tempat dan juga beberapa staf teknis.

Di musim mendatang dia akan diperkuat 2 rider asal Inggris berusia 17 tahun, Scott Odgen dan Joshua Whatley. Dimana keduanya pertama kali membuktikan diri di British Talent Cup dan kemudian memberikan tes bakat di kejuaraan junior lainnya seperti Red Bull Rookies Cup dan Junior World Championship.

Scott Odgen menyelesaikan BTC 2019 sebagai pemenang keseluruhan, Joshua Whatley menyelesaikannya di peringkat 7 secara keseluruhan pada tahun 2018. Musim lalu, Scott Odgen finis ke-14 di Red Bull Rookies Cup. Dia menyelesaikan Kejuaraan Dunia Junior Repsol CEV pada tahun 2021 dengan GASGAS dari tim Aspar di peringkat ke-6 dengan kemenangan balapan. Whatley berada di peringkat 19 di Kejuaraan Dunia Junior tahun ini, dengan KTM dari tim MTA Tonucci.

Michael Laverty adalah kakak dari pembalap superbike Eugene Laverty. Dia mengikuti Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2013 dan 2014 dengan Claiming Rule Aprilia buatan sendiri dari Paul Bird Motorsport (PBM), dan meraih hasil balap terbaiknya pada 2013 dengan menempati posisi ke-12 di Sepang. Dia juga 2 kali finis di tempat ke-13 di Jerez dan Phillip Island. Michael mengendarai Aprilia pabrikan milik Marco Melandri di GP Sachsenring 2015, karena Marco pergi setelah paruh pertama musim. Di Indy 2015, Stefan Bradl mengambil alih posisi di Aprilia di sebelah Bautista selama 1,5 tahun.

“Saya selalu melaporkan kepada tim IRTA bahwa saya ingin mengambil alih tim Moto3 GP dalam 2 atau 3 tahun. Tetapi ketika kesempatan ini muncul pada bulan Agustus karena posisi kosong di Petronas, saya mengambilnya. Saya melakukan semuanya dalam 14 hari, dan juga berhasil menemukan sponsor utama. Dorna mendukung proyek tersebut,” kata Laverty di Misano.

Laverty berharap pemilik tim sebelumnya, SIC, segera merilis material Petronas Honda. Tapi dia tidak merasa khawatir. “Semuanya akan siap untuk kita pada waktunya. Kami akan pindah ke bengkel balap baru kami di utara Barcelona pada bulan Januari. Kami akan merakit semua motor di sana tepat waktu, untuk tes pada bulan Februari,” jelas mantan pembalap berusia 40 tahun itu.

“Kami memutuskan lokasi di Spanyol, sehingga kami bisa berada di tengah Eropa. Dan karena kami juga menggunakan rider di European Talent Cup. Dengan bengkel di dekat Barcelona akan lebih mudah bersaing di JuniorGP Series. Ini juga sempurna ketika kami mengirim bakat kami dari tim minibike Inggris ke Spanyol untuk naik dan berlatih,” imbuhnya.

Apa yang diharapkan Laverty dari dua rookie GP 2022? “Scott telah bertahan dengan baik di Kejuaraan Dunia Junior, saya percaya dia berhasil beberapa kali masuk 10 besar di Kejuaraan Dunia tahun depan. Josh Whatley, seperti Scott, perlu belajar dan berkembang. Tapi saya percaya dia terkadang mendapat poin,” jawabnya.

Laverty mengatakan Whatley pasti akan menyebabkan kegemparan di Kejuaraan Dunia Moto3. “Dia adalah orang kulit berwarna pertama di kejuaraan dunia balap motor,” pungkasnya.

Line-up Tim Moto3 Untuk 2022:

Red Bull KTM Ajo
Jaume Masia, Diogo Moreira

Red Bull KTM Tech3
Deniz Oncu, Daniel Holgado

BOE Owlride KTM
David Munoz, Riccardo Rossi (diganti: Adrian Fernandez)

CIP Green Power KTM
Kaito Toba, Joel Kelso

Avintia VR46 Riders Academy KTM
Matteo Bertelle, Elia Bartolini

MTA Tonucci Racing KTM
Stefano Nepa, Ivan Ortola

MT Foundation 77 KTM
Syahrifuddin Azman, ???

Snipers Honda Team
Alberto Surra, Andrea Migno

CFMOTO Racing PrüstelGP
Xavier Artigas, Carlos Tatay

VisionTrack Honda
Scott Odgen, Joshua Whatley

Leopard Honda Racing
Dennis Foggia, Tatsuki Suzuki

GASGAS Aspar Team
Sergio Garcia, Izan Guevara

SIC58 Squadra Corse Honda
Josito Garcia, Lorenzo Fellon

Sterilgarda Max Racing Team Husqvarna
Ayumu Sasaki, John McPhee

Honda Team Asia
Andi Farid Izdihar, Yuki Kunii

Leave a Reply