Terbaik di Dunia: Rea Kaget dan Takjub dengan Grip Trek Mandalika

1

RiderTua.com – Satu pujian untuk sirkuit Mandalika diberikan pembalap Kawasaki Jonathan Rea. Jadi bukan rekaan media dan melebay-lebihkan.. Rea berujar meskipun terkesan terburu-buru akhirnya Mandalika bisa menggelar acara kelas dunia, “Sejujurnya, ini adalah salah satu sirkuit dengan cengkeraman terbaik di dunia di lintasan basah,” katanya. Terlihat memang pembalap Kawasaki itu dengan lincahnya menari-nari di trek basah Mandalika dan memenangkan balapan.. Namun dia juga memberikan masukan, “Mungkin satu-satunya masalah adalah drainase air dari sirkuit. Mudah-mudahan ini bisa kita perbaiki tapi mungkin kita juga perlu mengubah programnya (jam lebih awal), jika kita menjalankannya pada jam 2 siang kita tidak akan menemukan kondisi seperti ini, sepertinya di sepanjang tahun ini selalu hujan pada jam 3 sore. Namun, mereka melakukan pekerjaan dengan baik, sebulan setelah tempat ini belum siap dan akhir pekan ini mereka menyelesaikan acara kelas dunia,” puji pembalap Kawasaki itu…

Terbaik di Dunia: Rea Kaget dan Takjub dengan Grip Trek Mandalika

Problem drainase ini memang sudah jadi sorotan pihak Dorna WorldSBK. Mereka berharap sistem drainase (sistim pembuangan air) Sirkuit Mandalika bisa diperbaiki untuk bisa menggelar balapan tahun depan.

Dari pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan bahwa sistem drainase Sirkuit Mandalika berfungsi dengan baik. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah. Dia mengatakan, sistem drainase lintasan dan seluruh kawasan trek berfungsi baik.

“Terutama sistem drainase trek yang sudah berfungsi dengan sempurna hingga mampu menghilangkan genangan air dalam waktu singkat meskipun diguyur hujan deras,”

Meskipun faktanya sistem pembuangan air atau drainase ini memang belum sempurna sehingga masih membuat genangan air dan tidak bisa cepat surut di dalam area lintasank. Kondisi yang terlihat lebih parah luar trek.

Namun Ricky juga menyatakan pihak MGPA akan langsung berfokus untuk persiapan gelaran MotoGP 2022. Sejumlah catatan dari Dorna setelah menggelar WSBK 2021 akan dijadikan acuan untuk membenahi Sirkuit Mandalika agar lebih siap.

Jadi intinya secara kualitas trek memang sudah bagus, baik kondisi hujan (grip) sehingga saat gelaran MotoGP nanti hal ini bukan menjadi keluahn pembalap, dan balapan akan lebih seru..

1 COMMENT

Leave a Reply