Bikin Lawan Takut! Bagnaia: Ducati Meningkatkan Motor yang Sudah Sempurna

RiderTua.com – Pernyataan yang bikin lawan takut bin ciut, Bagnaia: Ducati meningkatkan motor yang sudah sempurna… Dengan 5 pole position dan 4 kemenangan dari 6 balapan terakhir, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia menjalani akhir musim yang luar biasa. Rider Ducati itu juga membuat kesan yang kuat dalam tes Jerez. Setelah melakoni 1,5 hari tes, runner-up MotoGP 2021 itu berada 0,8 detik di depan Takaaki Nakagami (Honda) yang berada di urutan ke-2 saat makan siang. Catatan waktu dan pernyataan yang dilontarkan oleh pembalap asal Italia itu pada tes Jerez, kemungkinan bikin pusing sekaligus ketar-ketir para rival untuk kompetisi MotoGP musim mendatang. Karakter mesin baru menjadi hal menarik bagi tim merah ini, kita lihat saja di tes tes Sepang pada 5 dan 6 Februari, dan berlanjut di Sirkuit Jalanan Internasional Mandalika dari 11 hingga 13 Februari tahun depan..

Bagnaia: Ducati Meningkatkan Motor yang Sudah Sempurna

Pada tes hari Jumat yang berangin di Circuito de Jerez, Bagnaia mencatatkan waktu 1: 36,872 menit. Catatan waktu ini bahkan lebih cepat dari kualifikasinya di GP Spanyol pada 1 Mei lalu, ketika pembalap berusia 24 tahun itu menempati posisi ke-4 di grid dalam 1: 36,960 menit

“Hal yang luar biasa adalah, pada bulan Mei lalu saya mengejar waktu dengan ban belakang soft dan sedikit bensin, hanya nyaris mencapai angka 1:37 menit. Sedangkan hari ini saya menorehkan waktu yang luar biasa dengan ban medium baru, tangki hampir penuh, dengan kondisi berangin dan menunggangi motor baru. Jadi kami bekerja dengan sangat-sangat baik,” kata Pecco puas.

“Saya senang. Ada lebih banyak yang harus dilakukan, tetapi feeling itu hebat. Saya baru saja berbicara dengan Jack (Miller), kami punya pendapat yang sama. Sekali lagi Ducati mengembangkan motor yang sudah sempurna. Catatan waktu dan kecepatan yang kami capai dengan ban medium bekas luar biasa. Itu berarti Ducati melakukan pekerjaan yang sangat hebat. Karena tidak mudah meningkatkan motor yang sudah fantastis. Dan kami akan menguji lebih banyak hal di Sepang,” imbuh murid VR46 itu.

Ducati punya ‘sesuatu’ yang baru yang sangat terlihat jelas selama tes Jerez. Bukan hanya fairing baru, tapi knalpot panjang juga terlihat meskipun hanya dipakai sebentar. Jelas bahwa Ducati selalu berusaha memahami situasi dan hal yang berbeda. Pecco berkata, “Itulah mengapa kami juga mencoba hal lain. Perasaan saya serupa. Tetapi di rumah, sekarang mereka bekerja dengan aman dan menggunakan data untuk menganalisis apakah ada yang berubah.”

“Kami juga mencoba fairing lain yang bagus tetapi masih membutuhkan pekerjaan. Karena dibandingkan dengan yang lama, aerofairing ini sama sekali berbeda, kita masih harus memahami apakah lebih baik atau tidak. Kami membutuhkan lebih banyak lap untuk itu, itu belum diputuskan. Saya pribadi suka, juga karena lebih cantik,” lanjut pembalap 24 tahun itu.

“Aerobody baru tentu membantu kami saat memasuki tikungan, tapi ada aspek lain yang kurang baik, misalnya kemiringan wheelie. Kami masih harus memahami banyak hal. Ini adalah langkah besar, yang menjadi alasan lain mengapa kami belum yakin. Karena masih ada kekurangan dari segi aerodinamis.”

Pengembangan mesin tidak lagi dibekukan untuk tahun 2022, yang tentu saja juga mengalihkan fokus ke mesin. “Mesin baru memiliki karakter yang sama sekali berbeda. Dan ketika ada sesuatu yang baru, kita harus selalu memahaminya terlebih dahulu,” ujar pembalap pabrikan Ducati asal Italia itu.

“Mesinnya kurang lebih pada level yang sama dengan yang lama, tapi ini baru hari kedua tes. Kami masih memiliki celah untuk bermanuver dan saya merasa sangat senang dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Saya menaruh kepercayaan tinggi pada Ducati dalam hal pengembangan.”

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page