Ngeri, Cornering Speed Ducati Meningkat

2

RiderTua.com – Pramac memang bukan murni tim satelit, cara ini yang akan ditiru oleh KTM menjadikan Tech3 sebagai “semi-factory team”.. Tak hanya para pembalap pabrikan Ducati, rider Pramac juga rajin menjajal komponen 2022 di Jerez. “Pembalap pabrikan memiliki semua suku cadang baru, saya dan Zarco harus berbagi. Tetapi suara kami tentu saja penting. Gigi (Dall’Igna) selalu datang di pit kami. Tesnya sangat bagus, saya mencoba banyak hal berbeda dan semuanya lebih baik kecuali untuk satu pemetaan. Kami bahkan tidak melihat catatan waktu, itu hanya masalah pemahaman apakah itu lebih baik atau tidak, dan ternyata itu lebih baik,” ujar peraih Rookie of the Year 2021 itu. “Kami bisa berbelok lebih cepat dan kecepatan menikung (cornering speed) lebih baik. Ini adalah peningkatan besar ke depan, karena biasanya kelemahan kami ada di tikungan masuk, itu akan jauh lebih baik,” lanjut Martin. Mengerikan tahun depan di trek lurus kencangnya amit-amit di tikungan mulai melejit.

Jorge Martin: Dari Punta Cana ke Meja Operasi

Jadi, apakah pembalap berjuluk Martinator itu juga menguji mesin baru dan fairing baru? “Pada hari Kamis saya menguji fairing baru, pada hari Jumat motor baru. Fairingnya jauh lebih baik, tapi saya ingin menguji keduanya bersama-sama. Karena saya pikir itu akan menjadi langkah maju yang besar. Meski demikian, semuanya positif. Saya merasa kami telah membuat kemajuan. Ini sangat penting,” jawab pembalap berusia 23 tahun itu.

Di bagian mana rider muda Pramac Ducati itu melihat kemajuan terbesar? “Kami bisa berbelok lebih cepat dan kecepatan menikung lebih baik. Ini adalah peningkatan besar ke depan, karena biasanya kelemahan kami ada di tikungan masuk, itu akan jauh lebih baik,” lanjut Martin.

Setelah crash yang mengerikan di GP Portimao pertama, pembalap asal Spanyol itu harus menjalani operasi di tangan kanannya. Dan operasi lain akan dilakukan di musim dingin. “Sejauh menyangkut kondisi fisik saya, saya merasa baik-baik saja. Sekarang kaki saya sempurna berkat terapi akupunktur terbaru. Saya hanya perlu melepas beberapa panel yang sedikit mengganggu saya. Oleh karena itu, pada tanggal 14 Desember, saya akan menemui Dokter untuk melakukan operasi. Kami akan siap untuk tahun depan,” ujar Martin.

Namun sebelum itu, Martin akan pergi ke Republik Dominika dengan kru Pramac-nya mulai dari 4 hingga 9 Desember. “Dan saya akan membayar, itu pasti,” kata Martin sambil tertawa.

Setelah liburan musim panas di Austria, dia berjanji akan mengundang timnya ke Punta Cana jika ingin naik podium lagi. Dan beberapa hari kemudian, dia berhasil memenangkan balapan MotoGP pertamanya di GP Spielberg pertama 2021.

2 COMMENTS

Leave a Reply