Revolusi RC213V: Marquez Kapten, Espargaro ‘Tersesat’?

0

RiderTua.com –  Meski masih cedera, Marquez tetap memimpin dalam proyek revolusi Honda RC213V.. Untuk musim MotoGP 2022, Honda berencana kembali ke level tinggi. Marc Marquez memimpin revolusi baru, Pol Espargaro masih belum menemukan ‘jalan tol’ untuk bisa disetarakan dengan Marc, masih tersesat.. Pol belum bisa mengkudeta Marc sebagai pemimpin pengembangan utama Honda, meskipun dia cedera (harusnya dia lebih kuat dari Marquez).. Akan seperti apa motor versi terbaru mereka, tetap Marquez yang dominan atau semua pembalap Honda bisa sering sambangi podium seperti Ducati?

Revolusi RC213V: Marquez Kapten, Espargaro ‘Tersesat’?

Kain penutup senjata terbaru Honda dibuka selama tes MotoGP di Misano, tetapi yang terlihat di trek tentu bukan versi akhir 2022. Takeo Yokoyama, direktur teknis HRC, telah lama mengumumkan prototipe revolusioner dalam hal mesin. Tapi hasil karya dari markas Jepang dengan seluruh paket dan versi final-nya hanya akan kita lihat pada bulan Februari di tes Sepang tahun depan.

Marc Marquez memperingatkan, “Masih terlalu dini. Kami masih memiliki banyak lap yang harus dilakukan. Kita harus memahaminya dengan baik karena banyak hal telah berubah. Kita harus memahami setingan, balans motor, semuanya. Tapi bagaimanapun seseorang harus mulai melakukannya dan saya mulai”.

Tampang RC-V berubah

Honda RC213V yang sangat berbeda dari versi 2021 dari sisi tampilan (tentu ada kaitannya dengan aerodinamika dan perubahan mesin). Fairing depan beda, air intake beda (sesuai mesin baru), kotak salad juga berubah, berbagai frame diperiksa.

“Kadang-kadang sulit untuk mengatakan apakah itu lebih baik atau lebih buruk. Tapi saya pikir kami melakukan pekerjaan yang hebat dan kami memiliki ide yang jelas”, kata Marc Marquez

“Ketika ada sesuatu yang baru, sulit untuk mendapatkan umpan balik yang sama persis dari semua pebalap.. Tapi senang mendapat komentar berbeda dari berbagai bagian motor. Akhirnya, dengan semua informasi yang kita miliki, kita bisa membuat home base. Masih terlalu dini untuk memberikan penilaian yang jelas tentang situasinya,” kata Alberto Puig, manajer tim HRC..

Pada bulan November di Jerez Honda akan melanjutkan pekerjaan evolusi untuk musim MotoGP 2022. Bahkan pada akhir pekan balapan disisa musim ini, sesi latihan bebas akan digunakan untuk mencoba beberapa pembaruan di trek yang berbeda. “Saya hanya bisa mengatakan bahwa perubahannya sangat banyak, luar biasa. Jelas, kami harus percaya diri dan antusias dengan tantangan baru yang menanti kami, karena sedikit mengubah konsep dan meningkatkan performa,” tambah Alberto Puig..

Taka Nakagami dan Alex Marquez berterima kasih kepada Honda atas kerja bagus yang dilakukan dalam dua hari pengujian, tetapi tak satu pun dari mereka mencoba prototipe 2022.

Bagaimana Nasib Pol

Hasil tahun pertamanya dengan RC-V mengecewakan, dia hanya berhasil cepat dalam keadaan terbatas. Tempat ke-5 di Silverstone.  “Jika hal-hal terus berjalan salah itu karena saya tidak dapat mengubahnya,” kata Pol.

Menjadi rekan Marc Marquez tidak mudah bagi siapa pun, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo tahu sesuatu tentang itu. Namun Pol tampaknya tidak terlalu menderita, “Banyak jurnalis berpikir Honda melakukan apa yang dikatakan Marc, tapi ternyata tidak. Para insinyur mencoba membuat motor yang lebih baik, mengumpulkan sensasi yang datang dari setiap pembalap”.

Komponen yang datang tidak selalu berfungsi sesuai keinginan, harus melalui trial and error. “Saya selalu menginginkan rekan setim yang lebih cepat dan pembalap satelit yang memakai materi yang sama dengan kita. Ini adalah cara tercepat dan paling langsung untuk meningkatkan performa motor”.

Leave a Reply