Dovi Cabut dari Red Bull, Dilarang Tampilkan Logo Monster di 2021

0

RiderTua.com – ‘Pindah rumah’ di MotoGP bukan perkara mudah banyak detail rumit yang harus dilewati.. Menurut media Jerman, Dovi telah mengakhiri kontrak pribadinya dengan Red Bull ‘secara damai’. Namun sebagai rival minuman energy, pada 2021 ini dia tidak akan menampilkan logo sponsor tim Monster di helmnya. Untuk keenam kalinya berturut-turut, Yamaha harus mengganti personel kedua tim MotoGP-nya. Di Misano, Franco Morbidelli melakukan debutnya di tim pabrikan, sementara Andrea Dovizioso bersama Petronas-Yamaha. Yamaha belum secara resmi mengumumkan pergantian personel hingga Kamis. Karena banyak detail yang masih harus diklarifikasi. Foto tim baru dengan motor baru dari Morbidelli dan Dovi hanya dapat diambil pada hari Kamis… wah tidak seperti bedah rumah ya..

Dovi Cabut dari Red Bull, Dilarang Tampilkan Logo Monster di 2021

Beberapa bulan terakhir, Yamaha Motor Racing melewati hari-hari mereka dengan penuh gejolak. Pertama, kontrak Yamaha dengan Maverick Vinales untuk tahun 2022 dihentikan sebelum waktunya.  Pembalap asal Spanyol itu diskors untuk GP Spielberg kedua, usai skandal ‘overrev’ motor Yamaha M1 di balapan sebelumnya. Dia juga tertunduk lesu usai finis di tempat terakhir dalam balapan di GP Styria, setelah mencoba beberapa kali untuk memenangkan Yamaha. Sebelum lap terakhir, Vinales hanya mengeluh dan menyerah.

Hampir di saat yang bersamaan, pada 5 Agustus lalu Valentino Rossi mengumumkan pengunduran dirinya di akhir musim. Tak hanya itu, perusahaan minyak mineral Petronas Malaysia mengumumkan pengunduran dirinya sebagai sponsor utama Tim Balap asal Sepang setelah 3 tahun bersama. Mereka telah menggelontorkan dana sekitar 30 juta euro (Rp 505 miliar) per tahun ke tim balap, yang sekarang harus menarik diri dari kelas Moto2 dan Moto3 karena kurangnya anggaran dan menarik diri sebagai sponsor utama..

Yamaha kemudian memecat Vinales pada pertengahan Agustus untuk sisa musim, dia dibebaskan untuk bergabung ke Aprilia Racing. Petronas dan Yamaha harus menyediakan pembalap pengganti baru setelah kepergian Vinales dan karena cedera Morbidelli.

Pada akhir Juni, Franky harus menjalani operasi lutut. Pembalap murid VR46 itu terpaksa harus melewatkan beberapa balapan. Di Assen, Morbido digantikan oleh pembalap superbike Garrett Gerloff. Kemudian dua balapan di Austria digantikan oleh Cal Crutchlow, di Silverstone dan Aragon digantikan oleh Jake Dixon.

Sementara di Monster-Yamaha, di Inggris dan Aragon Vinales digantikan oleh tes rider Cal Crutchlow. Di Misano, line-up Yamaha semakin dibolak-balik. Karena Andrea Dovizioso sekarang melakukan debutnya bersama Rossi di Petronas-Yamaha, Franky Morbidelli dapat naik ke Monster Factory Yamaha lebih awal dan bersiap untuk musim 2022 bersama tim ini. Selain rekan setimnya, Fabio Quartararo, yang sudah berbagi pit dengannya di Petronas 2019 dan 2020.

Baik Petronas-Yamaha maupun Yamaha Motor Racing belum secara resmi mengkonfirmasi daftar mereka untuk Misano. Tapi Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing, telah menjanjikan kembalinya Morbidelli dan penandatanganan Dovizioso di Silverstone dan Aragon.

Yamaha belum secara resmi mengumumkan pergantian personel hingga Kamis. Karena banyak detail yang masih harus diklarifikasi. Foto tim baru dengan motor baru dari Morbidelli dan Dovi hanya dapat diambil pada hari Kamis.

Franco Morbidelli menguji Yamaha R1 Superbike dua minggu lalu di Misano, tetapi tidak ada keraguan tentang kebugaran dan kesiapan operasionalnya untuk pertama kalinya sejak awal minggu ini.

Di Petronas Sprinta Racing, Jake Dixon akan kembali ke Moto2 Kalex setelah dua balapan dan mengosongkan tempat MotoGP-nya untuk runner-up MotoGP tiga kali Andrea Dovizioso, yang akan menjadi nomor 1 di tim WITH u Yamaha baru di sana pada tahun 2022 sebagai rekan satu tim rookie Moto3 Darryn Binder.

Dovi telah mengakhiri kontrak pribadinya dengan Red Bull secara damai. Namun, pada 2021 dia tidak akan menampilkan logo sponsor tim Monster di helmnya.

Sementara Fabio Quartararo tidak terganggu dalam memimpin klasemen pembalap, peluang untuk memenangkan kejuaraan konstruktor dan kejuaraan tim masih terbuka sepenuhnya.

Leave a Reply