Stefan Bradl: Kelemahan Honda RC213V Kurang Traksi

1

RiderTua.com – Stefan Bradl berujar kelemahan Honda dari paruh pertama tahun ini adalah kurangnya traksi di roda belakang.. Akhir pekan ini, Stefan Bradl akan mengikuti seri keempat WRC tahun ini, dengan Tim Tes HRC di Sirkuit Dunia Misano sebagai pembalap Wildcard. Pada 28 Maret dan 4 April di GP Qatar, pembalap asal Jerman itu menggantikan Marc Marquez yang cedera di tim Repsol. Dan pada 4 Mei sebagai pembalap tamu dengan wildcard, dan finis di posisi ke-12 di GP Jerez. Bradl tidak hanya balapan dengan wildcard di GP Misano, tetapi juga harus menguji materi baru. Dia senang dengan peningkatan daya saing RC213V. Meskipun sebagai tes rider, kadang materi baru bukan dia yang menguji dulu. Marc Marquez menerima sasis versi baru dari Jepang untuk dua balapan di Spielberg. “Terkadang part baru langsung masuk ke garasi Marc, tidak ada waktu bagi saya untuk mencobanya,” kata Bradl

Stefan Bradl: Kelemahan Honda RC213V Kurang Traksi

Sebagai perbandingan, tes rider Yamaha Cal Crutchlow tercatat 3 kali finis di tempat 17 di GP Spielberg 1 dan 2 serta di Silverstone. Dan sekali finis di posisi ke-16 di Aragon. Dia mengikuti dua balapan terakhir menggantikan Maverick Vinales di Tim Pabrikan Monster Yamaha bersama pemimpin klasemen Fabio Quartararo.

Stefan Bradl kini telah mengamankan 53 kali di posisi 10 besar di kelas MotoGP, dua terakhir di Le Mans (finis ke-8) dan di Portimao (finis ke-7) pada tahun 2020.

Bradl senang mencatat peningkatan efisiensi Honda RC213V. Karena Marc Marquez melesat ke pit stop sebagai pemimpin di GP Spielberg kedua, di Inggris Pol Espargaro berada di posisi terdepan, dan di Aragon Marc Marquez bertarung untuk meraih kemenangan hingga finis melawan Pecco Bagnaia.

Pada bulan Agustus, Marquez telah mencapai beberapa titik terang (kecuali kemenangan di Sachsenring). Dan di Aragon merupakan crash yang ke-18 yang dialaminya musim ini.

“Tapi selama trek GP Austria kering, saya suka balapan Marc di Red Bull Ring karena dia tepat di depan grup teratas. Performa ini lebih penting baginya ketimbang beberapa lap di tengah guyuran hujan setelah ganti ban, di mana dia berlebihan dan crash di Tikungan 1. Tapi kita tahu itu sesuai dengan DNA-nya,” ujar Bradl.

Marc Marquez menerima sasis versi baru dari Jepang untuk dua balapan di Spielberg. “Terkadang part baru langsung masuk ke garasi Marc, tidak ada waktu bagi saya untuk mencobanya,” kata Bradl, yang datang ke Misano 10 tahun lalu sebagai pemimpin Kejuaraan Dunia Moto2 (sebelum Marquez). Kini Marc menggunakan varian sasis berikutnya.

Kemudian pembalap asal Jerman itu menjelaskan, “Tim Marc telah mencoba banyak dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa waktu lalu, dia sendiri mengatakan bahwa sekarang dia hanya melakoni musim ini sebagai persiapan untuk 2022. Dia menguji dan memilah suku cadang untuk tahun depan. Ini tentang menemukan arah teknis yang cocok. Marc akan menjadi yang pertama mendapatkan materi baru dari HRC. Dia mendapatkan apa yang dia inginkan dan kemudian mencobanya di akhir pekan balapan.”

Honda Punya Beberapa Kelemahan

Kelemahan Honda dari paruh pertama tahun ini pun diketahui. Ada kurangnya traksi di roda belakang, sehingga di sesi latihan bebas dan kualifikasi ban soft tidak dapat digunakan untuk top time. Posisi start jauh dari ekspektasi.

Terkadang Marc Marquez kehilangan mood bagusnya dalam usahanya, misalnya setelah finis di urutan ke-20 di GP Belanda.

Karena Honda punya beberapa masalah. Bahkan di Assen, Marc mengeluh tentang elektronik. Dimana hal ini memicu kecelakaan highside parah pada hari Jumat.

Selain itu, pada saat itu Stefan Bradl menyatakan bahwa mereka hanya dapat menggunakan 80 persen dari potensi ban belakang soft pada Honda RC213V, yang menghabiskan waktu 0,2 hingga 0,1 detik dalam satu lap cepat sehingga mendapatkan posisi start yang buruk. Secara umum ada kekurangan traksi di bagian belakang, itulah sebabnya, kecepatan dan konsistensi balap mengecewakan di paruh pertama musim.

“Dalam beberapa minggu terakhir, Honda telah membawa material baru ke balapan tanpa henti. Beberapa dari mereka tidak dapat saya nilai, karena saya sendiri belum mengendarainya,” imbuh Stefan Bradl.

Stefan Bradl-HRC
Stefan Bradl- HRC

Pemenang GP 7 kali itu juga akan tinggal di Misano untuk tes IRTA pada hari Selasa dan Rabu. “Prototipe Honda 2022 akan dipajang di sana,” ungkap Bradl.

Bradl belum mengetahui apakah dia akan mengikuti tes Misano pada kedua hari tersebut. “Itu tergantung, apakah ada materi baru untuk diuji. Sejauh ini saya hanya dijadwalkan untuk hari Selasa. Tapi itu masih bisa berubah,” pungkasnya.

1 COMMENT

Leave a Reply