Categories: MotoGP

‘Doa Hujan’ Marc Marquez Dikabulkan……

RiderTua.com – Marc Marquez merasakan adanya peluang untuk meraih kemenangan kedua musim ini di GP Austria, setelah merayakan kemenangan di Sachsenring. Faktanya, rider Repsol Honda itu memimpin balapan saat hujan turun setelah 25 lap. Kemudian dia masuk ke pit bersama dengan Pecco Bagnaia, Jorge Martin, Fabio Quartararo dan Joan Mir dan berharap untuk memenangkan balapan flag-to-flag dengan berganti ban hujan. Namun juara dunia MotoGP 6 kali itu berada di urutan ke-10 setelah 26 dari 28 lap. Apesnya pada lap ke-27, pembalap berusia 28 tahun itu terjatuh di tikungan-1. Sebelum balapan, pembalap asal Spanyol itu diam-diam berharap turun hujan. “Sebelum balapan, saya berdoa agar sedikit turun hujan. Tetapi ketika mulai balapan, saya sudah merasa sangat kuat (dalam kondisi kering), jadi saya tak ingin hujan lagi,” kata pembalap yang jago strategi kala kondisi trek kacau. Jika dilihat performa Marc tadi malam memang terlihat kuat di lintasan kering. Tapi sejurus kemudian, apa yang terjadi bertentangan dengan harapannya. Ternyata hujan yang merupakan harapan dan doa pertamanya menjadi perusak balapannya.

Doa Hujan Marc Marquez Dikabulkan

“Saya tidak cedera dan saya cukup senang dengan hari ini. Karena saya lebih suka ketika saya kesulitan untuk berada di puncak dan jatuh, ketimbang ketika saya mengikuti balapan dengan putus asa. Tentu saja, itu adalah balapan flag-to-flag, di mana level sebenarnya tidak selalu bisa keluar. Tapi hari ini kami tetap bertahan dengan baik di lintasan kering. Saya bersenang-senang di balapan ini, itu membuat saya senang,” kata pembalap Honda itu.

Saat ditanya, apakah dia menyesali keputusannya untuk masuk pit stop setelah lap ke-25? Marc Marquez menjawab, “Saya pikir masuk pit stop adalah keputusan yang bagus. Itu adalah keputusan yang paling aman. Saya mencoba untuk tetap memimpin, saat mulai turun hujan. Karena itu normal untuk sisa balapan, untuk mengikuti jika pembalap di depan memutuskan untuk masuk pit. Dan memang seperti itu, semua pembalap mengikuti yang pertama. Hanya Brad yang tetap di lintasan.”

“Selamat untuk Brad. Merupakan pencapaian luar biasa untuk terus melaju di level ini dengan slick. Tetapi para pembalap papan atas membuat keputusan yang baik ketika mereka mengganti motor dengan ban hujan. Tapi kemudian saya sampai di tikungan 1, hujan deras dan saya memimpin grup. Setelah saya jatuh, yang lain langsung menyalip ke depan.”

“Tim saya melakukan pekerjaan yang sempurna di balapan ini. Mereka bekerja keras, dan saya ingin berterima kasih kepada mereka untuk itu. Saya ingin membalas budi hari ini dengan hasil terbaik, tetapi sayangnya tidak berhasil. Tapi mereka sangat senang dengan performa balap saya di lintasan kering.”

Marc Marquez adalah satu-satunya pembalap yang menggunakan ban belakang soft. Bagaimana dia bisa menjaga ban soft ini dalam suasana hati yang baik begitu lama?

Marc menjawab, “Ya, dari luar sepertinya berisiko, tapi saya mencoba ban ini di FP4 pada hari Sabtu. Dari pengalaman kami, kompon ini bekerja dengan baik. Dan dengan ban Michelin, kita terkadang harus melupakan pembagian menjadi soft, medium, dan hard. Kita hanya perlu mengandalkan perasaan dengan ban ini.”

“Dan karena kami mengalami banyak masalah dengan cengkeraman roda belakang pada motor kami tahun ini, kami pikir kami dapat melakukan setidaknya 10 hingga 15 lap dengan benar dengan ban belakang soft. Tapi untuk beberapa alasan, saya merasa jauh lebih kuat dengan ban ini di akhir balapan daripada di awal balapan.”

Sebelum balapan, saya berdoa agar sedikit turun hujan. Tetapi ketika mulai balapan, saya sudah merasa sangat kuat, jadi saya ingin melakukannya tanpa hujan. Ini kabar baik. Bahwa kita bisa membalap dengan cepat dan konsisten hari ini. Tapi tepat setelah balapan, saya berkata kepada para insinyur Honda, ‘Itu tidak cukup’.”

“Kami masih punya banyak pekerjaan yang harus dikerjakan. Memang benar bahwa saya terus berada di depan, tetapi saya harus mengambil banyak risiko. Jika kami ingin bertarung untuk Kejuaraan Dunia tahun depan, kami harus sedikit lebih cepat. Kami masih harus meningkatkan beberapa poin,” pungkas pembalap berjuluk Baby Alien itu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024

GWM Tank 500 yang Dibanderol Lebih Dari Rp 1 Miliar

RiderTua.com - GWM Tank telah menghadirkan mobil SUV andalannya di Indonesia bulan lalu. Dikenal sebagai Tank 500, model SUV bermesin…

20 April 2024

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024