Categories: MotoGP

Valentino Rossi ‘Tak Minta Ijin’ Murid Akademinya

RiderTua.com – Pecco, Migno dan Marini adalah murid yang sangat ingin Vale tetap balapan di Ducati.. Rossi mengakui tak memberitahu para pembalap dari Akademi ketika dia memutuskan pensiun, “Saya tidak memberi tahu mereka apa pun, bahkan Luca. Karena akan sulit untuk menghadapinya,” katanya.. Keputusan pengunduran diri rider berusia 42 tahun itu yang diumumkan kemarin masih menjadi sorotan. Tak terhitung banyaknya pesan dari rekan-rekannya, mantan rival atau atlet dari seluruh dunia yang menyentuh hati The Doctor. “Kemarin sangat emosional, terutama di malam hari karena saya benar-benar mendapat banyak berita dari seluruh dunia. Saya memperkirakan ada banyak pesan, karena saya selalu mendapatkannya ketika saya melakoni balapan yang bagus. Tapi kemarin itu luar biasa. Tentu saja tak hanya teman dekat saya, tetapi juga atlet dari olahraga lain, pembalap Formula 1, dan pemain sepak bola. Dan yang terpenting, ada banyak pesan dari rival lama saya, seperti Stoner, Biaggi, Lorenzo, dan Dovi. Itu hebat dan saya sangat senang,” lanjut kakak Luca Marini itu.

Mama Stefania Terkejut, Valentino Rossi Juga Harus Meyakinkan Papa Graziano

Bahkan, di FP2 juara dunia 9 kali itu kalah lebih dari 3 detik dari pembalap Aprilia Lorenzo Savadori. Oleh karena itu, kini keinginan Rossi menjadi jela. “Kami harap balapan nanti kering, atau kondisi yang benar-benar basah pada hari Minggu. Tidak setengah basah atau setengah kering. Saat hujan deras, kita bisa cepat. Tapi ketika mengering, kita sangat menderita. Saya pikir itu masalah bagi semua pembalap Yamaha karena dalam kondisi seperti ini kami kalah di fase akselerasi,” ungkap pembalap asal Italia itu.

Mengingat ramalan cuaca untuk hari Minggu diperkirakan akan turun hujan, semakin banyak pertanyaan yang muncul mengenai keamanan. Pemenang GP 115 kali itu mengatakan, “Jika ada terlalu banyak air di lintasan, itu menjadi berbahaya tetapi sama di mana-mana. Di sini ada tikungan 3, yang membutuhkan manuver pengereman kuat. Jika terlalu banyak air akan berbahaya, tapi saya pikir seperti di trek lain. Itu tergantung pada jumlah air.”

Murid-muridnya dari VR46 Riders Academy juga memposting pesan yang bagus di jejaring sosial. Sebenarnya, Pecco Bagnaia dan lainnya akan senang melihat mentor mereka di grid MotoGP untuk 1 tahun lagi.

Rossi mengakui, “Sebelum itu, saya tidak mengatakan apa pun kepada pembalap kami dari Akademi. Saya banyak berbicara dengan mereka saat membuat keputusan, terutama Pecco, Migno dan adik saya. Tapi mereka benar-benar mendorong dan berkata, saya harus terus berjalan. Ketika saya memutuskan, saya tidak memberi tahu mereka apa pun, bahkan Luca. Karena akan sulit untuk menghadapinya.”

Mama Rossi Terkejut

Bahkan Mama Stefania pun terkejut dengan keputusannya itu. “Pada hari Rabu saya makan malam dengan ibu saya dan Francesca, pacar saya, karena kami berangkat sangat pagi pada hari Kamis. Pada awalnya saya tidak mengatakan apa-apa kepada ibu saya, tetapi setelah itu, tepat sebelum kami pergi, saya berkata, ‘Stefi, saya akan mengadakan konferensi pers besok untuk mengumumkan bahwa saya akan berhenti.’ Dia hanya berkata, ‘Oh benarkah?’ Kemudian dia tidak punya kekuatan untuk mengatakan apa-apa lagi,” ungkap Vale.

“Saya mengejutkan mama Stefania, tetapi itu tidak benar-benar disengaja. Dulu, kami sudah pernah berbicara bahwa itu mungkin tahun terakhir. Tetapi saya harus mengatakan bahwa, baru-baru ini saya lebih banyak berbicara dengan Graziano tentang hal ini. Karena saya benar-benar harus meyakinkannya bahwa saya akan berhenti.”

“Seminggu yang lalu dia datang ke rumah saya dan berkata, ‘Tidak, kamu tidak bisa berhenti, kamu harus mencoba Ducati, kita akan kembali bersenang-senang.’ Jadi saya lebih banyak berbicara dengannya. Tetapi pada akhirnya dia juga mengerti saya. Dan dia senang jika saya mengendarai beberapa balapan mobil lagi, maka dia bisa terus menyemangati saya.”

Dengan pengunduran dirinya ini, muncul pertanyaan tentang membentuk keluarga. “Saya selalu mengatakan bahwa saya ingin punya anak. Tapi tunggu dan lihat, saya ingin cuti beberapa bulan dulu, ketika saya bukan seorang pembalap atau ayah,” pungkas Rossi sambil tertawa.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Toprak Razgatlioglu : Tahun 2021 Saya Juara Dunia Tapi Tidak Secepat Sekarang

RiderTua.com - Pendatang baru BMW Toprak Razgatlioglu sukses 3 kali menang dan 6 kali naik podium dalam 9 balapan pertama…

3 Mei 2024

Ducati dan Tim Aruba akan Teken Perpanjangan Kontrak di Misano?

RiderTua.com - Kerjasama 10 tahun antara Ducati dan tim Aruba di Kejuaraan Dunia Superbike akan berakhir musim 2024. Pada April lalu,…

3 Mei 2024

Andrea Iannone : Jika Tidak Berada di Level Atas Saya akan Menyerahkan Motor ke Pembalap Muda

RiderTua.com - Setelah 4 tahun tidak membalap Andrea Iannone merasa terganggu dengan kenyataan bahwa rookie dari tim Go-Eleven itu tidak…

3 Mei 2024

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024