Nasib Honda City Sedan di Indonesia yang Makin Terpuruk

1
(Honda Kudus Jaya)

RiderTua.com – Saat ini Honda Prospect Motor (HPM) memiliki dua model City di Indonesia, yaitu versi sedan dan hatchback. Model hatchback-nya baru dirilis di Tanah Air sebagai pengganti Jazz, dan model ini langsung diserbu oleh konsumen. Namun berbeda jauh dengan City Sedan yang makin terpuruk selama beberapa bulan terakhir. Bahkan dalam dua bulan sebelumnya, versi sedannya tak ada yang terjual sama sekali!

Baca juga: Honda Prologue, SUV Listrik yang Siap RIlis Tahun 2024

City Sedan yang Makin Terpuruk Selama Dua Bulan Terakhir

Boleh dibilang kalau City menjadi salah satu unggulan HPM sampai sekarang, terutama model sedannya. Tentu ini bukan satu-satunya sedan dalam lini produknya karena masih ada Civic, yang kebetulan juga punya versi hatchback. Sementara City Hatchback masih terbilang baru di pasar karena baru dihadirkan pada tahun ini.

Sejak diluncurkan, City Hatchback langsung menjadi buruan konsumen dan meraih hasil penjualan yang lumayan bagus. Walau baru terjual ratusan unit hingga bulan Mei lalu, itu saja sudah lumayan bagus untuk model pendatang baru. Sementara di sisi lain, City Sedan sebaliknya, dimana model ini hanya mampu menjual 40 unit selama periode Januari-Mei 2021.

(Buss The World)

Mau Ganti Model Anyar?

Jika dirinci, pada bulan Januari ada 16 unit yang terjual, kemudian bulan Februari sebanyak 19 unit, Maret 5 unit, tapi April dan Mei tak mencatatkan hasil apapun. Artinya, di dua bulan tersebut, City Sedan tak terjual sama sekali, dan mungkin ini juga terjadi di bulan Juni. Ada kemungkinan kalau HPM tak lagi menjual City Sedan yang masih didatangkan dari Thailand tersebut.

Sebenarnya City Sedan di Negeri Gajah Putih sudah berganti generasi dengan model yang lebih modern. Sehingga memunculkan dugaan kalau HPM sengaja tak jualan City Sedan untuk menghadirkan model terbarunya. Walau ini masih sekedar prediksi, mengingat HPM tak membicarakan apapun soal City Sedan.

Sementara itu di segmennya, Toyota Vios ‘menang banyak’ dari insentif pajak nol persen karena memang model ini dirakit lokal, tak seperti City. Mungkin inilah salah satu penyebab kenapa penjualan City Sedan tak begitu bagus selama tiga bulan terakhir.

1 COMMENT

Leave a Reply