Categories: MotoGP

Dani Pedrosa Akan Balapan di GP Misano

RiderTua.com – Fix! Dani Pedrosa ikut balapan di GP Misano 19 September, bersama 2 pembalap ‘tamu’ lain Michele Pirro dan Stefan Bradl… Teka-teki akan kembalinya bintang MotoGP Dani Pedrosa ke lintasan balap akhirnya terkuak. Tes rider KTM itu dikonformasi akan turun balap di GP Misano. KTM RC16 versi 2022 harus diuji olehnya. Sejak awal sudah jelas bahwa tes kekuatan seperti itu kemungkinan besar akan dilakukan di Misano atau Aragon. Karena balapan di luar Eropa akan terlalu mahal, dan selain itu motor tahun depan mungkin belum tersedia atau belum siap mengaspal.

Fix! Dani Pedrosa Ikut Balapan di GP Misano

Oleh karena itu KTM mengajukan wildcard untuk Misano pada 19 September. Tapi Ducati dan Honda sudah mengajukan wildcard untuk Michele Pirro dan Stefan Bradl, dan menurut peraturan, hanya dua tes rider yang diperbolehkan per balapan. Itulah mengapa ada pembahasan mengenai, apakah Dani Pedrosa harus muncul dengan wildcard di salah satu dari dua GP Spielberg pada 8 atau 15 Agustus?

Sementara itu, mereka yang terlibat telah menemukan solusi kompromi yang masuk akal. Sebagai pengecualian, tiga pembalap wildcard diizinkan untuk berkompetisi di Misano.

“Ya, akan ada tiga wildcard di Misano. Pengecualian ini telah diberikan,” tegas Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti dalam sebuah wawancara.

Herve Poncharal selaku pemilik tim Tech3-KTM dan Presiden asosiasi tim IRTA selama hampir 20 tahun, juga terlibat dalam negosiasi ini.

“Ya, saya dapat memastikan bahwa biasanya hanya dua wildard yang diperbolehkan per balapan. Tapi tiga wildcard masuk untuk Misano. Semua orang yang terlibat ditanya, dan kemudian kami mengadakan pertemuan virtual singkat. Semua pabrikan serta FIM, Dorna dan IRTA sepakat bahwa kami dapat menambah jumlah untuk Misano menjadi tiga pembalap,” ujar bos asal Prancis itu.

Di KTM, peran Dani Pedrosa tak terbantahkan. Rider yang kini berusia 35 tahun itu memainkan peran utama dalam pengembangan berorientasi tujuan dari KTM RC16, berkat pengalaman MotoGP-nya yang luar biasa selama di Repsol-Honda (2005 hingga akhir 2018). Dani juga mengembangkan sasis baru mulai November 2019 dengan desain khusus, serta sasis terbaru yang telah digunakan sejak GP Mugello 2021.

Jadi Pedrosa akan berlaga di balapan lagi, hampir 3 tahun setelah pensiun di GP Valencia 2018. Pembalap KTM Red Bull diizinkan untuk menyelesaikan maksimal tiga penampilan wildcard per musim. Itulah sebabnya misi di Spielberg tidak bisa dilakukan.

Sebagai informasi, pembalap asal Spanyol itu dengan tegas menolak semua balapan (termasuk sebagai pembalap pengganti) di KTM dalam 2 tahun terakhir. Meskipun dia ingin membantu KTM, dia tidak ingin diwawancara lagi dan tidak ingin lagi mengalami tekanan berupa penghargaan.

Pedrosa bahkan menetapkan dalam kontrak KTM-nya bahwa, dia tidak harus memberikan statement dalam sesi wawancara. Dan sejauh ini dia benar-benar tidak mengeluarkan sepatah katapun hingga saat ini.

Pembalap Red Bull KTM, Brad Binder mengatakan, “Jujur, saya tidak tahu Dani akan ikut balapan. Jika itu benar, itu sangat hebat. Saya mendengarnya untuk pertama kalinya di Assen pada hari Jumat. Tapi terus terang, saya tidak terlalu memperhatikan dengan hal-hal semacam ini.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Semua Rider Mengincar Tempat Enea Bastianini di Ducati

RiderTua.com - Mengenai performa kuat Enea Bastianini musim ini, usai GP Amerika Michael Laverty mengatakan, "Senang melihat performa Enea. Dia…

23 April 2024

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024