Ada 13 Mobil EV Baru yang Disiapkan Mazda!

1
(WhichCar)

RiderTua.com – Dengan semakin pesatnya elektrifikasi di dunia otomotif, banyak produsen mobil berusaha untuk menjadi yang terdepan. Mazda misalnya, yang mempersiapkan berbagai macam mobil baru untuk dirilis ke depannya. Tercatat ada 13 model EV (electric vehicle) yang disiapkannya untuk dihadirkan pada tahun 2025. Semua model tersebut akan ditujukan ke berbagai tujuan seperti Eropa dan Asia.

Baca juga: Mazda 6 dan CX-3 Dihentikan Penjualannya… Di Amerika

13 Model EV yang Disiapkan Mazda Untuk 2025

13 mobil tersebut terdiri dari 5 model PHEV (plug-in hybrid), 3 model hybrid murni, dan 3 model listrik murni. Semuanya akan memakai platform arsitektur Mazda SkyActiv multi-solutin yang sudah diunggulkannya selama ini. Tak lupa mereka akan menggandeng Toyota untuk melahirkan mobil hibrida dengan sistem hybrid dari produsen tersebut.

Tentu kerja sama antara Mazda dan Toyota ini bukanlah sesuatu yang baru, mengingat mereka sudah melakukannya sebelumnya. Mazda juga menargetkan akan melakukan elektrifikasi besar-besaran terhadap produknya pada tahun 2030. Itupun termasuk lini model seperti CX Series.

(Mazda Pontianak)

Buat Mobil Listrik Sendiri

Produksi mobil listrik juga akan ditingkatkan dari 5 persen menjadi 25 persen untuk beberapa tahun ke depan. Selain mengembangkan mobil baru, Mazda akan menyiapkan platform scalable khusus mobil listrik dan sejenisnya, selain SkyActiv. Tentu model EV membutuhkan platform khusus agar memaksimalkan fungsinya sebagai mobil ramah lingkungan.

Walau bakal menggandeng Toyota untuk menggarap mobil hibrida, tapi soal mobil listrik akan ditangani oleh Mazda sendiri. Apa yang akan dilakukannya berbeda dengan produsen selain Mazda yang melakukan kerja sama dengan produsen mobil lainnya. Ini dilakukan untuk mempermudah pengembangan teknologi khusus EV, serta berbagi platform khusus.

Untuk menyaingi Honda dan Tesla yang sudah memiliki fitur otonom, Mazda akan mempersiapkan teknologi co-pilot mulai tahun depan. Sistem ini berguna untuk memudahkan pengemudi saat berkendara di jalan dan disediakan untuk ‘segmen atas’. Entah model mana yang akan kebagian fitur canggih tersebut.

1 COMMENT

Leave a Reply