Apakah Pantas Quartararo Kena ‘Black Flag’ alias Nol Poin?

3

RiderTua.com – Dalam balapan MotoGP Catalunya masalah Quartararo mungkin karena ritsleting baju balap yang tidak tertutup sepenuhnya. Begitu angin masuk, penutup racing-suit itu dapat dengan mudah terlepas. Dan begitu terbuka, tidak ada yang menahan pelindung dada (chest protector).. Namun mantan pembalap Casey Stoner berpendapat Quartararo bisa dikenalan penalty setara black flag sekaligus kepastian dia tak akan mendapat tambahan satu poin pun di klasemen di GP Catalunya. Jika mengacu pada regulasi MotoGP pasal 2.4.5.2. Apakah Quartararo memenuhi syarat pelanggaran itu..?

Apakah Pantas Quartararo Kena Black Flag alias Nol Poin?

Balapan MotoGP di Catalunya sangat penting bagi Fabio Quartararo untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin klasemen. Pembalap Prancis dari tim pabrikan Yamaha itu membuka (terbuka) baju balapnya dan kehilangan protektor dada. Casey Stoner di Twitter segera mengomentari gawatnya situasi dan kebutuhan untuk menghentikan balapan El Diablo (Black Flag) demi alasan keamanan. “Apakah Fabio Quartararo sengaja menurunkan ritsletingnya, saya tidak tahu. Tapi saya pikir mereka seharusnya mengibarkan bendera hitam. Pada level ini Anda tidak boleh melaju dengan kecepatan 350 km/jam dengan baju balap terbuka”.

Di final race, Fabio menjalani long lap penalty di area hijau dan juga mendapat penalti 3 detik, yang membuatnya kehilangan posisi podium. Di situs resmi MotoGP ada tulisan.. “Adegan aneh. Pemimpin kejuaraan terlihat melepas pelindung dadanya!”..

Di Jerez Quartararo harus menyerahkan kemenangan kepada Ducati karena masalah lengan bawah, kali ini dia kehilangan poin berharga karena kejadian tak terduga lainnya yang membuatnya turun dari podium.

Kemenangan untuk Miguel Oliveira di depan Johann Zarco dan Jack Miller. Tapi Quartararo tetap menjadi pemimpin Kejuaraan Dunia dengan ‘surplus’ +17 poin atas rekan senegaranya dari tim Pramac Racing.

Peraturan MotoGP (pasal 2.4.5.2.) Menyatakan: ” Adalah wajib bahwa setiap pembalap memulai setiap balapan dengan setidaknya dua set lengkap peralatan keselamatan yang tidak rusak … Peralatan tersebut harus dipakai, diikat dengan benar, setiap saat selama ‘ aktivitas di lintasan”.

Jadi apakah Fabio Quartararo pantas mendapat hukuman itu sehingga poinnya berkurang 13 lagi.. Meskipun tetap memimpin dengan selisih 4 poin saja..

3 COMMENTS

Leave a Reply