Honda SH150i Disuntik Mati di Indonesia, Ini Alasannya

1
(Autos.id)

RiderTua.com – Kabar mengejutkan datang dari Astra Honda Motor (AHM), dimana mereka mengumumkan penghentian penjualan SH150i. Padahal motor skutik premium ini cukup terkenal di pasar karena membawa desain ala motor Eropa. Tapi karena angka penjualannya terus merosot membuat SH150i tak bisa bertahan lebih lama lagi. Walaupun skutik ini berusia cukup tua di Benua Eropa.

Baca juga: Honda Puko Blue CC 110, Imut Tapi Tangguh!

Honda SH150i Tak Bisa Bertahan Lebih Lama Lagi

Meskipun kelihatannya seperti skutik baru, SH150i sebenarnya berusia cukup tua jika dibandingkan dengan skutik Honda lainnya. Di Eropa, motor ini sudah ada sejak 1980-an, SH150i dihadirkan untuk melawan Piaggio Medley. Skutik tersebut juga dihadirkan di Indonesia lebih dulu dari SH150i.

SH150i sendiri didatangkan ke Indonesia pada 2017 silam dan mulai menarik perhatian konsumen karena desainnya. Tak seperti skutik Honda lainnya, model ini menawarkan desain ala skutik Eropa yang begitu kental, meskipun tak dirakit lokal. Sehingga SH150i sempat menjadi sorotan di kelas skutik premium di Tanah Air.

(GridOto)

Digantikan PCX?

Namun lama kelamaan pamor SH150i terus menurun hingga kini seiring berkembangnya segmen skutik di Indonesia. Terlebih dengan kehadiran skutik Honda seperti PCX dan ADV 150, membuat banyak konsumen beralih dari SH150i ke model lainnya. Inilah kenapa penjualannya mengalami penurunan drastis sampai unit ini tak lagi dijual pada Mei 2021 lalu.

AHM mengaku agak berat untuk memutuskan tak lagi menjual SH150i di Indonesia, tapi apa boleh buat? Banyak konsumen yang kini tertarik dengan skutik bongsor seperti PCX atau skutik ‘sejuta umat’ seperti Beat dengan harga terjangkau. Selain itu kini segmen skutik premium sudah diisi oleh model Forza 250 atau bahkan Gold Wing.

Walaupun tak lagi dijual di pasar, AHM masih menyediakan suku cadang SH150i sampai tujuh tahun ke depan. Meski perjalanan SH150i di Tanah Air sudah terhenti, tapi tidak di negara lain seperti Italia. Skutik ini disebut masih mampu menjadi motor terlaris disana.

1 COMMENT

Leave a Reply