Kawasaki ZX-4R Masih Bisa Diwujudkan?

1
(Kawasaki)

RiderTua.com – Boleh dibilang Kawasaki ZX-25R menjadi terobosan terbaru dalam menghadirkan motor sport 250 cc 4 silinder. Namun siapa sangka kalau merek asal Jepang ini juga merancang model 4 silinder lainnya, yaitu ZX-4R. Sayangnya Kawasaki ZX-4R tak dihadirkan lebih dulu dan ZX-25R yang dirilis. Walau begitu, nampaknya masih ada harapan motor 400 cc ini tetap dihadirkan di pasar.

Baca juga: New Kawasaki ZX-10R Siap Dirilis di Indonesia?

Kawasaki ZX-4R Tak Dihadirkan Lebih Dulu?

Mungkin banyak yang menduga Kawasaki baru menggarap ZX-4R setelah merilis ZX-25R ke pasar. Namun sebenarnya ZX-4R yang lebih dulu dikembangkan sebelum ZX-25R, tapi entah mengapa belum juga terwujud. Malah ‘adiknya’ sendiri yang sudah dihadirkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Banyak yang menduga kalau Kawasaki tak jadi menghadirkan ZX-4R karena sudah ada model ZX-25R. Tapi belakangan ini muncul gambar paten yang sudah diajukan oleh Kawasaki, dan gambar dari desain motor sport misterius tersebut diduga kuat adalah ZX-4R. Walau hanya menampakkan desain motor serta fairing mesinnya saja.

(Motorcycle.com via Kompas Otomotif)

Bocornya Gambar Paten

Meskipun banyak yang menduga kalau itu adalah ZX-4R, ada juga yang menduganya sebagai varian lain dari ZX-25R. Sebab dari desain motornya mirip dengan motor sport 250 cc yang memiliki mesin dengan 17.000 rpm. Tapi sejauh ini tak ada potensi Kawasaki bakal meluncurkan varian untuk model tersebut, sehingga diduga kuat adalah model lain.

Entah apa yang membuat Kawasaki menghadirkan ZX-25R ketimbang 4R, tapi ada satu kemungkinan yang terjadi. Yaitu mereka ingin mengetes seberapa bagus performa mesin 4 silinder terbarunya pada mesin lebih kecil. Jika sudah bagus, maka Kawasaki bisa mencobanya pada mesin yang sedikit lebih besar, yaitu 400 cc.

Jika benar, maka Kawasaki bakal memiliki lebih banyak pilihan untuk lini ZX miliknya. Selain ZX-25R, ada juga ZX-10R yang baru saja mendapat penyegaran. Walau bedanya, mesin yang digendongnya memiliki kapasitas jauh lebih besar dari 25R.

1 COMMENT

Leave a Reply