Transmisi CVT Pada Mobil dan Kekurangannya

1
(CNN Indonesia)

RiderTua.com – Tiap mobil tentu memiliki dua jenis transmisi, yaitu manual dan otomatis alias matik. Khusus transmisi otomatis, CVT (Continuously Variable Transmission) tengah ngetren pada mobil-mobil baru saat ini. Seperti versi manual, transmisi CVT juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Tentunya ini tergantung pada gaya mengemudi pemilik mobil.

Baca juga: Ketika Penjualan Mobil Bekas Meningkat ‘Gara-gara Insentif’…

Transmisi CVT Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Mungkin transmisi otomatis sudah biasa terdengar, apalagi sudah banyak model yang memakainya. Tapi untuk CVT mungkin hanya terbatas pada model-model anyar saja, contohnya Daihatsu Rocky yang baru dirilis di Indonesia. Itupun juga termasuk kembarannya yang juga masih baru, yaitu Toyota Raize.

CVT dikembangkan untuk memberikan perpindahan gigi yang lebih halus ketimbang transmisi matik biasa. Hentakan yang biasanya ditimbulkan tak lagi terasa saat memindahkan gigi, dan ini dapat memberikan kenyamanan lebih saat berkendara. Apalagi mesin mobil tak membutuhkan RPM tinggi, sehingga tarikan mesinnya tetap tinggi.

(Pikiran Rakyat)

Tinggal ‘Tancap Gas’

Selain itu, transmisi CVT dianggap lebih ramah lingkungan, sebab transmisi ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil. Namun dengan semua itu harus mengorbankan torsi yang dihasilkannya menjadi terbatas. Apalagi jika diperhatikan, transmisi jenis ini kurang cocok saat melintasi tanjakan, alhasil mobil hanya bisa dipakai untuk aktivias ringan saja.

Tak sampai disitu, biaya perawatan CVT disebut lebih mahal dari transmisi otomatis biasa maupun manual. Ini dikarenakan ada banyak komponen yang diganti, dari belt sampai pulley, terlebih belum banyak tempat servis khusus CVT yang tersedia di Indonesia. Meskipun tiap produsen sudah menyediakan tempatnya tersendiri.

Tapi seperti yang dikatakan sebelumnya, enak atau tidaknya perawatan atau pengoperasian CVT tergantung dari pemilik mobil. Tapi toh, penjualannya juga masih menjadi yang tertinggi untuk model yang menyediakan transmisi ini.

1 COMMENT

Leave a Reply