Beberapa Pembalap Menentang Sensor Track Limits, Rossi Netral

1

RiderTua.com – Sensor track limits atau sensor tekanan akan diaplikasikan untuk memperketat batas lintasan untuk musim 2021, dengan sistem sensor tekanan (pressure sensors) baru yang dipasang di sirkuit untuk menilai pelanggaran dengan lebih akurat tanpa terjadinya perdebatan antara pengawas dan pembalap. Namun, pastinya ada pembalap yang mendukung dan yang lainnya menentang. Dikatakan, ketika seorang pembalap menginvasi zona hijau dengan ban, bahkan hanya dengan ‘satu milimeter’, sistem memberi isyarat kepada Race Direction. Dalam hal ini catatan waktu lapnya dibatalkan, seperti yang terjadi pada Maverick Vinales di Portugal. Meski tayangan televisi terlihat sebaliknya, pembalap Yamaha itu dibatalkan catatan lap terbaiknya yang membuatnya batal berada di barisan depan. Menanggapi perdebatan ini Rossi lebih bersifat netral..

Beberapa Pembalap Menentang Sensor Track Limits

Sirkuit MotoGP akan dilengkapi dengan sensor baru, bagaimana pendapat para pembalap. Miguel Oliveira mengatakan.. “Saya tidak setuju dengan sensor ini, tapi begitulah adanya. Apa yang dapat saya lakukan? Sistem sedang menuju ke arah yang benar agar berfungsi dengan andal. Faktanya adalah ban kami sangat lebar. Anda dapat mengaktifkan sensor tanpa melebihi batas lintasan. Meskipun kita sangat dekat, tetapi kita masih di tepi dalam trek. Contoh terbaik adalah Vinales. Saat ban menjadi sedikit lebih lebar. Ini dapat mengaktifkan sensor tanpa melebihi batas lintasan. Kami akan membahasnya di masa depan”. Jadi menurut Oliveira ada kemungkinan ban melebar, bukan motornya… tapi bannya yang salah (ban membesar) hehe..

Pendapat lain diberikan oleh Vinales, Mir dan Rossi.. Dalam kasus khusus Maverick Vinales, bagaimanapun, harus ditekankan bahwa belum ada sensor pada saat itu.. “Saya kehilangan kesempatan untuk memimpin di Portimao. Itu sama untuk semua orang. Sulit untuk mengatakan jika sesuatu bisa diubah karena itu berlaku untuk semua kelas dan bukan hanya MotoGP”.

Juara bertahan MotoGP, Joan Mir, termasuk di antara mereka yang mendukung sistem elektronik baru. “Sekarang sangat akurat, Anda hanya perlu berhati-hati. Saya tidak mengeluh. Jika Anda berada satu inci di luar trek, maka Anda berada di luar. Itu sudah jelas. Saya lebih suka, karena diskusi dengan Race Direction lebih sedikit”.

Valentino Rossi lebih netral… “Sensor ini memperingatkan Anda saat Anda melewatinya. Melihat fotonya, tampaknya lap Vinales valid, tetapi sensor (race direction) mengatakan sebaliknya. Kita harus sedikit menjauh dari tepian trek (agar tidak kena batas lintasan)”.

1 COMMENT

Leave a Reply