Tips Membalap Sehat Ala Valentino Rossi, ‘Arm Pump’ pun Minggat..!

1

RiderTua.com – Tips membalap sehat ala Valentino Rossi… Arm Pump (sindrom kompartemen) adalah keadaaan dimana otot dan saraf dikarenakan olahraga yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan terkadang cacat pada otot kaki atau lengan yang terkena. Valentino Rossi adalah sedikit di antara pembalap MotoGP yang tidak pernah menderita sindrom kompartemen atau arm pump.. Selama 25 tahun Valentino Rossi menggeluti balap profesional mulai dari kelas 125cc hingga motoGP saat ini… tentunya sudah banyak merasakan asam garam dunia balap, kecelakaan dan luka bagi rider motoGP sudah menjadi “makanan”. Bahkan bisa dipastikan tubuh mereka tidak “utuh” 100% lagi. Banyak dicangkok dengan pen atau pernah masuk meja operasi di rumah sakit. Salah satu cedera yang lagi “trend’ saat ini adalah masalah gangguan fungsi lengan pada rider motoGP yang biasa disebut dengan “ARM PUMP”. Deretan pembalap yang menderita ini tidak sedikit: Dani Pedrosa, Stefan Bradl, Tom Luthi, Pol Espargaro, Aleix Espargaro, Scott Redding, Alex Marquez, Cal Crutchlow, Jack Miller, Iker Lecuona, Fabio Quartararo..  Bagaimana tips Vale menyikapi masalah Arm Pump (Chronic Exertional Compartment Syndrome) ini…? Inilah tips top ala Valentino Rossi.

Tips Membalap Sehat Ala Valentino Rossi, ‘Arm Pump’ pun Minggat

Valentino Rossi salah satu pembalap yang tidak mengalami masalah ini dimana jika gejala ini terjadi akan menyebabkan keluhan seperti kram, kesemutan, kehilangan tenaga dan semakin parah kondisinya saat melakukan hard breaking

Tips Vale biar “kebal” adalah: “Saya tidak pernah memiliki keluhan seperti itu. Aku selalu menanamkan dalam pikiran agar lengan bekerja dengan baik untuk menghindari masalah ini, untuk menghindari ‘arm pump’ saya melakukan peregangan, mengendurkan otot-otot(relaksasi) dimana hal ini juga berkaitan dengan bagaimana kita mengendarai motor kita, berkendara dengan lembut dan hati-hati dibandingkan kebanyakan lawan, biarkan motor melaju …. dengan itu otot-otot kita tidak terlalu stress (tegang), karena dengan cara ini tingkat stress pada lengan akan lebih sedikit “

Tanggapan Alex Marquez

Alex memperhatikan bahwa masalah “arm pump” menyebar dengan cepat tahun ini. Miller dan Lecuona telah menjalani operasi, sekarang Quartararo menderita karenanya. Stefan Bradl dan Aleix Espargaro juga merasakan keluhan kemarin.

“Saya menjalani operasi sendiri setelah musim 2016.. Dulu di Moto2 saya punya masalah dengan kedua lengan. Saat itu kami masih banyak bekerja dengan kopling di Moto2, jadi ada keluhan di sisi kiri juga. Bagaimana Anda bisa melawannya? Setiap pembalap memiliki metodenya sendiri. Tetapi ketika masalah ini muncul, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Beberapa pembalap mungkin kebal terhadapnya sejak lahir, yang lain mungkin tidak. Saya bukan dokter Tetapi saya tahu bahwa ketika ‘arm pump’ mulai, Anda tidak berdaya melawannya,” kata Alex Marquez..

Quartararo jalani Operasi

Fabio Quartararo memimpin balapan ketika pada paruh kedua masalah fisik membuatnya melorot drastis ke posisi ke-13. Kini dia sudah menjalani operasi… “Sindrom kompartemen (arm pump) terkait dengan tenaga, peningkatan performa motor, akselerasi, kecepatan, pengereman… motor melaju dengan sangat cepat. Tidak menderita masalah ini luar biasa. Jika Anda melaju sangat cepat dengan motor, masalah ini bisa muncul. ” kata Valentino Rossi. Hingga saat ini, juara dunia 9 kali dari Tavullia itu adalah salah satu dari sedikit pembalap yang tidak pernah mengalaminya.

1 COMMENT

Leave a Reply