Meski Tak Balapan Stefan Bradl Sangat Sibuk

0

RiderTua.com – Meski tak balapan Stefan Bradl sangat sibuk, dia akan bekerja lagi jika 4 pembalap reguler Honda salah satunya kena musibah… Sejak Marc Marquez cedera, Stefan Bradl ditunjuk menjadi rider penggantinya. Tes rider Honda ini total telah menyelesaikan 14 balapan (12 seri pada musim 2020 dan 2 seri di 2021) sebagai pembalap pengganti bintang Repsol Honda itu. Dalam 8 balapan antara Le Mans 2020 dan GP Qatar-2 musim 2021, pembalap asal Jerman ini telah mencetak 7 poin. Dan saat Marquez kembali di Portimao, pembalap berusia 28 tahun itu finis ke-7 sama seperti hasil yang ditorehkan Bradl pada 22 November 2020 di sirkuit yang sama. Kini, jika tidak ada pembalap reguler Honda yang cedera, Bradl tidak akan memperebutkan poin lagi hingga 19 September di Italia setelah GP Jerez pada 2 Mei. Tapi dia mengaku tetap sibuk meskipun tak balapan lagi.

Meski Tak Balapan Stefan Bradl Sangat Sibuk

Stefan Bradl total menyelesaikan 14 hari tes di Jerez untuk HRC pada bulan Desember, Januari, Februari dan April. Itu sebabnya dia sangat siap menghadapi GP Spanyol. Dimana seperti tahun lalu, balapan akan digelar tanpa kehadiran penonton di tribun seperti halnya Le Mans.

Saat Bradl ditanya, apakah para pembalap sudah terbiasa dengan tribun kosong dan situasi yang hening saat start sebelum balapan? Pembalap berusia 31 tahun itu menjawab, “Di Jerez akan kembali menjadi pengalaman pahit. Karena sebelum terjadi krisis, tribun di sana selalu penuh. Tentu, kami sudah terbiasa sekarang. Tapi balapan ‘hantu’ seperti ini, tidak bisa dibandingkan dengan balapan biasa.”

“Ini dimulai pada pagi hari, saat kami berangkat dari hotel ke trek. Trek sangat sepi, paddock kosong, tidak ada tamu tim dan tidak ada jurnalis. Itu adalah perasaan yang hambar dan kesunyian yang besar. Tapi kita hanya bisa berharap situasi ini segera normal kembali, dan masyarakat secara keseluruhan bisa terlindungi.”

Stefan Bradl masih tersedia sebagai pembalap pengganti untuk 4 pembalap reguler Honda. Marc Marquez, Pol Espargaro, Alex Marquez dan Taka Nakagami. Tetapi jika tidak ada hal yang tidak terduga terjadi, wildcard kedua setelah Jerez tidak akan berlangsung hingga 4,5 bulan kemudian hingga di Misano pada 19 September.

“Saat ini untuk sementara saya tidak balapan lagi sampai Misano. Tetapi saya harus siap setiap saat jika sesuatu terjadi. Di tahun keempat saya di HRC, itu bukan hal baru bagi saya,” jelas Stefan dalam sebuah wawancara.

Rider MotoGP berusia 31 tahun itu dipastikan tidak ikut dalam tes di Mugello, yang diikuti oleh Aprilia dan Ducati mulai 11 Mei mendatang. Karena setiap pabrikan, tes rider hanya diizinkan untuk menunjuk 3 trek pengujian. Kemudian mereka dapat melakukan tes setiap kali sebelum tanggal balapan. Dan HRC memilih Jerez, Misano dan Motegi.

“Saya akan menguji lagi di Jerez pada awal Juni. Lalu kami pergi ke Misano,” imbuh pemenang GP 7 kali itu.

Pihak HRC tidak merencanakan menggunakan kesempatan sebagai wildcard untuk ketiga kalinya. Itulah alasan mengapa Stefan Bradl tidak akan ambil bagian dalam balapan di Sachsenring dan di Spielberg. “Itu tidak direncanakan oleh HRC,” kata pembalap asal Jerman itu.

Selama jeda musim 2020, Bradl menyelesaikan beberapa balapan untuk latihan dengan menunggangi Honda Fireblade Triple-R, sebelum balapan pertamanya sebagai pengganti Marc-Marquez di GP Brno (9 Agustus 2020).

“Jika keadaan sedikit lebih tenang setelah GP Jerez, dan sesuatu muncul di sirkuit seperti Hockenheimring, Oschersleben atau Sachsenring. Motor akan langsung disiapkan. Saya hanya turun ke trek jika faktor waktu memungkinkan dan tanggalnya tepat. Sejauh musim ini bergulir, saya tidak nganggur. Saya sibuk,” pungkas Bradl.

Leave a Reply