Categories: MotoGP

Vinales: Cornering Speed Yamaha Kembali, Senjata untuk Melawan Suzuki dan Ducati..!

RiderTua.com – Maverick Vinales berujar, cornering speed Yamaha yang terkenal itu sudah kembali, senjata untuk melawan Suzuki dan Ducati… Pemenang balapan perdana di Doha-Qatar, Maverick Vinales sering gagal memenuhi ekspektasi dalam 4 tahun pertama bersama Yamaha. Dia berkali-kali dipermalukan oleh pembalap dari tim satelit Yamaha. Pada 2017 oleh Jonas Folger dan Zarco dari Tech3-Yamaha. Lalu pada 2018 kembali oleh Zarco, kemudian oleh Quartararo dan Morbidelli. Dia mengubah nomor start dari 25 menjadi 12 dan mengganti kepala kru Ramon Forcada (sekarang punya Morbidelli) dengan Esteban Garcia. Dia adalah kepala kru Vinales saat dia memenangkan Kejuaraan Dunia Moto3 bersama Calvo-KTM pada 2013, dan kemudian juga sukses di Suzuki.

Vinales: Cornering Speed Yamaha Kembali, Senjata untuk Melawan Suzuki dan Ducati

Pemimpin Kejuaraan Dunia GP Qatar-1 itu, baru saja menikah dan akan segera menjadi ayah dari seorang putri. Kebahagiaan pembalap asal Spanyol itu semakin lengkap saat dirinya berhasil naik podium dan menjadi pemenang di balapan pembuka MotoGP musim 2021.

Tapi berkali-kali kita mendapat kesan bahwa, Vinales terlalu peduli dengan satu lap cepat (single lap) ketimbang performa balapan. Dia jelas membutuhkan itu, karena dia tidak terlalu memiliki kepercayaan diri yang kuat. Berada di tempat ke-13 pada hari Jumat jelas dia tampak tertekan. Sedangkan rekan setimnya Rossi sering membuatnya lelah dengan suasana hatinya yang selalu baik.

Bintang Yamaha itu sering bermasalah saat start, di lintasan dia tidak bisa menunjukkan kecepatan menikung yang luar biasa, dia kehilangan banyak waktu di lap pertama. Pada tahun 2020, Vinales melewatkan kesempatan besar untuk memanfaatkan absennya saingan berat Marc Marquez.

Maverick memulai musim lalu dengan gemilang, dia berhasil 2 kali menjadi runner-up di GP Jerez. Tapi sayang kemudian terjatuh, keputusan ban yang aneh dan performa membalap yang biasa-biasa juga menjadi biang kerok jebloknya Vinales. Sementara pembalap dari tim satelit Quartararo dan Morbidelli masing-masing merayakan tiga kemenangan MotoGP pada tahun 2020. Sementara dia hanya berhasil satu kali menang di GP Misano.

Faktanya, Yamaha juga berkontribusi pada musim yang gagal ini. Karena setelah kerusakan mesin dalam latihan Jerez, Vinales hanya memiliki 4 mesin tersisa. Dia kemudian harus menggunakan mesin ke-6, itulah sebabnya dia harus start dari pit line..

Vinales: “Yamaha Kembali”

Pada hari Minggu di balapan pembuka musim di Doha-Qatar, Vinales tampak berubah. Dia tetap bersabar dan menunggu kesempatan ketika bintang-bintang Ducati, satu per satu menembakkan ‘rudal’ mereka.

Tapi berapa lama euforia Vinales ini akan bertahan? Musim panas lalu, pembalap asal Spanyol itu hanya mendulang 8 poin dalam tiga balapan.

“Kami akhirnya dapat menggunakan kecepatan menikung (Cornering Speed) kami yang terkenal lagi dalam balapan. Kami membutuhkan ini untuk mempertahankan diri dari pabrikan lain, melawan Suzuki, Ducati, dan lainnya,” katanya.

“Ketika saya menyalip Jack, saya melaju dengan putaran 1: 54,6 menit. Saat itulah saya memaksakan diri hingga limitnya untuk pertama kalinya dalam balapan. Ini memungkinkan saya mengurangi jarak secara signifikan. Aku berkata pada diriku sendiri, ‘Tenang saja, Maverick! Salip saja pembalapnya, jangan terlalu semangat, jangan bakar bannya. Peluang Anda belum datang’.”

“Ketika saya menyalip Pecco Bagnaia, saya beralih ke tenaga maksimum dengan melakukan perubahan pemetaan mesin. Kemudian saya melibas 3 atau 4 lap dengan kecepatan penuh. Seperti di Qualifikasi. Setelah itu saya berhati-hati dengan ban, kalau-kalau Johann atau Pecco menyerang lagi di akhir.”

“Saya merasa sangat nyaman mengendarai motor pada hari Minggu. Saya melihat bahwa kami memiliki potensi yang sangat bagus dengan ban depan. Kami kembali dan itu yang paling penting,” katanya.

 

This post was last modified on 31 Maret 2021 16:20

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez : Di Texas Saya Memikirkan Podium.. Bukan Kemenangan!

RiderTua.com - Marc Marquez bisa merayakan kemenangan pertamanya bersama tim Gresini Ducati jika dia tidak crash beberapa saat setelah memimpin…

20 April 2024

Pengiriman Suzuki Jimny 5-Door Cukup Cepat Meski Inden Beberapa Bulan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan Jimny 5-door di Indonesia bulan Februari lalu dan disambut baik di pasarnya. Seperti model 3-door,…

20 April 2024

Toyota Umumkan Recall Prius Karena Ini

RiderTua.com - Toyota Prius masih menjadi salah satu mobil hybrid unggulannya di pasar global. Terlebih setelah modelnya memasuki generasi terbaru…

20 April 2024

BYD dan Mercedes-Benz Siap Hadirkan Mobil Baru di Eropa?

RiderTua.com - BYD sudah dapat mencatatkan hasil penjualan mobil listriknya yang cukup bagus selama ini. Meski demikian, mereka juga melakukan…

20 April 2024

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024