Categories: MotoGP

KTM Kesulitan, Pol Nyaman dengan Honda Barunya!

RiderTua.com – KTM harus menelan kekecewaan di tes pramusim MotoGP di Qatar. Bagaimana tidak, tak satu pun dari keempat pembalap plus tes ridernya yang masuk 15 besar secara keseluruhan. Pembalap pabrikan KTM Miguel Oliveira duduk di peringkat 16, dan rekan setimnya Brad Binder di tempat ke-17. Sedangkan pembalap Tech3 dengan Danilo Petrucci dan Iker Lecuona, masing-masing berada di tempat ke-19 dan 23. Sementara Dani Pedrosa sebagai tes rider menempati posisi ke-24. Jelas, ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan KTM, menjelang balapan pembuka musim pada 28 Maret mendatang. Pol Espargaro, yang menjadi pembalap teratas KTM selama empat musim, tampak nyaman di Honda.

KTM Kesulitan, Pol Nyaman dengan Honda Barunya

Insinyur KTM, Giulio Bernardelle mengatakan, “Usai balapan terakhir, kami mengisyaratkan kekecewaan KTM dari tes di Qatar. Motor pabrikan asal Austria itu meredup, tes rider Pedrosa tidak membukukan catatan waktu terbaiknya. Tim memutuskan untuk mengganti Pol Espargaro dengan Danilo Petrucci. Tapi pembalap asal Italia itu dia tidak terlihat begitu nyaman.”

“Pasti kami berharap lebih. Tapi salah jika menyalakan sinyal alarm sekarang, itu masih terlalu dini. Dimana hal ini sama, jika membicarakan kesuksesan besar untuk Yamaha atau Ducati itu juga masih terlalu dini. Dalam tes Qatar KTM tidak berjalan dengan baik, saya setuju, tapi kami perlu melakukan analisis yang lebih mendalam.”

Penampilan Dani Pedrosa juga tidak mengesankan. Bernardelle menyarankan adanya kemungkinan bahwa tes rider harus mencoba banyak solusi baru yang dibawa ke Losail. Pedrosa, mungkin juga Binder dan Oliveira yang menjadi referensi pembalap saat ini, pasti memiliki jadwal yang sangat sibuk, dengan kebutuhan untuk mempertimbangkan banyak detail, bahkan mungkin tidak terlalu terlihat. Dan siapa yang tahu, jika dia berhasil menyelesaikan program, dengan pembatalan tes hari terakhir karena badai pasir.”

“Untuk Petrucci ya, saya akan berbicara tentang kekecewaan. Dia tampak kesulitan beradaptasi dengan KTM. Dia pasti sibuk mencari set-up dasar yang cocok untuknya, dan dia mungkin masih jauh dari target. Dan waktu tes selama empat hari, jelas tidak cukup baginya. Mari kita ingat, di trek mana KTM tidak pernah sekuat ini?”

Espargaro Kebalikan Dovi

“Kami membayangkan bahwa, dengan tes hari terakhir pada Jumat lalu dan kemudian dibatalkan karena angin kencang, kami mungkin akan melihat peringkat yang sedikit berbeda..”

“Karena KTM memiliki tiga pembalap muda dengan sedikit pengalaman, dan yang paling berpengalaman adalah Petrucci yang datang dari luar merek dan harus memulai dari awal. Danilo yang telah menemukan pemahaman yang baik dengan Ducati, tapi menurut saya tidak pernah menjadi pembalap yang impresif. Satu hari ekstra akan berguna bagi Petrucci dan bahkan lebih bagi Oliveira dan Binder untuk mencoba time attack setelah bekerja keras.”

Jika KTM, kesulitan selama tes, Pol Espargaro, yang menjadi pembalap teratas KTM selama empat musim, tampak nyaman di Honda. Tidak terlihat seperti kesulitan yang di alami seorang Lorenzo: Pol tidak diperhitungkan saat-saat pertama tes, tapi dia langsung tampil meyakinkan. Jadi, bisa dikatakan transisi dari KTM ke Honda bagus..

“Ya, Namun, harus ditambahkan bahwa Pol telah menjadi salah satu pembalap tercepat selama bertahun-tahun. Seperti saudaranya, Aleix, dia juga bisa mengatasi masalah. Kedua Espargaro itu selalu mampu mengatur waktu yang sangat baik bahkan jika motornya tidak baik-baik saja. Ini kebalikan dari Dovi,” pungkas Bernardelle.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024

Citroen C3 Aircross akan Dikirim ke Konsumen Bulan Depan

RiderTua.com - Citroen kini menghadirkan varian baru lainnya dari C3 di Indonesia, yaitu Aircross. Layaknya C5 Aircross yang sebelumnya dirilis,…

25 April 2024