Puig: Saya Tidak Tahu Apakah Marquez Bisa Berlaga di Qatar!

0
Puig: Saya Tidak Tahu Apakah Marquez Bisa Berlaga di Qatar

RiderTua.comRepsol Honda Team Manager, Alberto Puig berujar.. “Saya tidak tahu apakah Marquez bisa berlaga di Qatar…”. Apakah mungkin Marc akan siap di Portimao-Portugal?.. Tes resmi MotoGP di sirkuit Losail-Qatar selama 5 hari (hari terakhir terjadi badai pasir) Honda berhasil menyelesaikannya dengan banyak crash dan pekerjaan rumah, ban medium Michelin tidak cocok dengan RC213V. Namun sejauh ini, tim sayap emas dapat bernafas lega setelah melihat penampilan Pol Espargaro yang mampu dengan cepat beradaptasi dengan RC213V. Pembalap berusia 29 tahun itu duduk di tempat ke-10 dalam timesheet gabungan. Dia juga menjadi pembalap Honda terbaik dalam tes itu. Pembalap asal Spanyol itu kalah 0,8 detik dari pembalap tercepat Jack Miller (Ducati).

Puig: Saya Tidak Tahu Apakah Marquez Bisa Berlaga di Qatar

Rekan setimnya (sementara) Stefan Bradl, finis di urutan ke-13 hampir 0,7 detik di belakang Pol. Bradl fokus pada pekerjaannya di trek, untuk menguji sejumlah besar suku cadang dan komponen untuk meningkatkan performa RC213V versi 2021. Pembalap asal Jerman itu sempat mengalami kecelakaan, termasuk jatuh pada tes hari Rabu lalu yang memaksanya berhenti dari tes di tengah hari. Tapi dia kembali pada keesokan harinya dengan perasaan tidak nyaman.

Di garasi LCR Honda, baik Takaaki Nakagami (ke-12) dan Alex Marquez (ke-18) juga sering jatuh saat melakoni tes di Qatar. Mereka mengkonfirmasikan bahwa ban medium yang disiapkan Michelin untuk balapan pertama tahun ini, tidak bekerja optimal dengan RC213V.

Saat diminta membuat penilaian secara umum mengenai tes tersebut, Alberto Puig menyatakan bahwa tes tersebut berjalan dengan baik untuk Honda. Meskipun dia tidak percaya diri.

Puig mengatakan, “Kadang-kadang kami melakukan tes yang baik, kemudian ada yang salah. Namun di lain waktu itu menjadi benar semuanya. Sebaliknya, kami mengalami pramusim yang sangat buruk dan tiba-tiba segalanya berubah saat balapan. Untuk saat ini kami harus senang, kami telah mengumpulkan beberapa informasi. Saya pikir kami akan melihat balapan yang bagus, semua orang akan menikmatinya.”

Marc Marquez Terbang ke Qatar dan Mulai Latihan Naik Motor

Kondisi Marc Marquez Mulai Normal

Bos Tim Repsol Honda itu juga menilai situasi Marc Marquez saat ini. Dimana Marc telah mendapat izin dari para dokter untuk kembali mengendarai motor dan menyelesaikan perjalanan pertamanya di Alcarras dengan sebuah motor balap mini. Pada Sabtu pagi, pembalap berusia 28 tahun itu terbang ke Doha-Qatar. Namun segera kembali ke Cervera untuk melanjutkan rehabilitasi di lintasan dan di gym.

Puig pun menjelaskan bahwa Marc telah melewati musim dingin yang sangat berat, karena cederanya, itu. Dia menyoroti perkembangan Marc selama beberapa minggu terakhir. Kondisi pembalap kakak Alex Marquez itu terus mengalami kemajuan yang signifikan.

“Sekarang kami melihat kemungkinan, bahwa dia akan kembali ke lintasan. Meskipun masih tidak mungkin untuk menentukan dengan pasti, kapan akan kembali balapan,” ujar Puig, yang tidak ingin menyebutkan tanggal comeback sang rider.

Manajer tim Repsol Honda Team itu menegaskan bahwa kondisi Marc mulai normal, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan terakhir di Madrid-Spanyol. Meski begitu, dia yakin bahwa Marc tidak akan tampil 100%, pada hari pertama dia berkompetisi lagi di MotoGP. Dia dengan tegas menyangkal kemungkinan bahwa, Marquez akan tiba tepat waktu untuk balapan pertama tahun ini yang dijadwalkan digelar pada 28 Maret.

“Hanya ada sedikit waktu tersisa. Saya tidak tahu apakah hari ini memungkinkan baginya untuk kembali bertarung, karena tanggalnya semakin dekat,” pungkas Alberto Puig menyimpulkan.

Leave a Reply